title icon

Informasi Klaim

Informasi Klaim Asuransi

Klaim asuransi adalah upaya nasabah untuk mendapatkan penggantian kerugian kepada perusahaan asuransi terhadap sebuah risiko yang terjadi. Ketika Anda ingin mengklaim asuransi, tindakan pertama yang harus dilakukan jika terjadi kerugian adalah melapor ke pihak asuransi MTWI dengan jangka waktu maksimal yaitu 5 hari kalender sejak terjadinya kerugian.

  1. Menghubungi Malacca Care Center di +6221 2598 9835.
  2. Klaim melalui Malacca EZ App dapat di download di Google Play dan App Store.
  3. Mendatangi kantor MTWI terdekat.
  1. Laporkanlah terlebih dahulu kerugian yang dialami ke polisi setempat, untuk mendapatkan Surat Tanda Penerima Laporan (STPL).
  2. Kemudian hubungi pihak asuransi  melalui Malacca Care Center (MCC) di nomor telepon +6221 25 9898 35.
  3. MTWI akan untuk melakukan survey ke nasabah untuk memverifikasi kebenaran dan akan meminta sejumlah dokumen pendukung berikut ini:
    • Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian
    • Polis, sertifikat, lampiran/ endosemen.
    • STNK, BPKB, Faktur pembelian, blanko kwitansi dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditanda-tangani tertanggung.
    • Surat keterangan polisi daerah, dalam hal kehilangan keseluruhan.
    • Bukti pemblokiran STNK dalam hal kehilangan keseluruhan.
    • SIM milik pengemudi pada saat kejadian.
    • KTP tertanggung.
  4. Surveyor akan mengatur jadwal dengan nasabah dalam hal tempat dan waktu untuk survei mobil.
  5. Setelah dilakukan survei, nasabah mengisi laporan kerugian dan kelengkapan dokumen lainnya.
  6. Pihak asuransi akan menunggu sampai Polisi selesai melakukan pencarian mobil selama maksimal 60 hari.
  7. Jika hal ini bisa diklaim, memenuhi semua syarat dan tidak melanggar ketentuan, maka dari pihak MTWI akan memproses pembayaran dan membuat surat persetujuan nilai penggantian kerugian.
  1. Hubungi MTWI melalui Malacca Care Center (MCC) di nomor telepon +6221 25 9898 35.
  2. Surveyor akan mengatur jadwal dengan nasabah dalam hal tempat dan waktu untuk survei mobil.
  3. Setelah dilakukan survei, nasabah mengisi laporan kerugian dan kelengkapan dokumen lainnya berikut ini:
    • Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian
    • Polis, sertifikat, lampiran.
    • SIM milik pengemudi pada saat kejadian.
    • STNK
    • KTP tertanggung.
  4. Surveyor menerbitkan Surat Permintaan Estimasi (SPE).
  5. Lalu nasabah membawa SPE ke bengkel sebagai pengantar bahwa kendaraan sudah disurvei.
  6. Bengkel melakukan survei ulang, melihat dan memotret kerusakan mobil. 
  7. Bengkel membuat estimasi lama pengerjaan, kemudian estimasi akan dikirim ke MTWI.
  8. Lalu MTWI menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) kepada pihak bengkel.

Berikut adalah formulir klaim asuransi yang dapat Anda download untuk melengkapi dokumen pendukung klaim.

Formulir Klaim Asuransi Mobil Terbaik

Berikut adalah daftar bengkel rekanan nasional dan juga daftar bengkel Authorized dari MTWI yang bisa Anda download.

Daftar Bengkel Rekanan MTWI

Daftar Bengkel Authorized MTWI

PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk.