Service

Informasi Klaim

Klaim adalah hak nasabah asuransi. Kami berikan kemudahan dan informasi lengkapnya di sini.

Informasi Klaim

Klaim adalah hak nasabah asuransi. Kami berikan kemudahan dan informasi lengkapnya di sini.

Klaim Asuransi

Klaim asuransi adalah upaya nasabah untuk mendapatkan penggantian kerugian kepada perusahaan asuransi terhadap sebuah risiko yang terjadi seperti kecelakaan atau pencurian pada mobil yang diasuransikan.

Ketika Anda ingin mengklaim asuransi, tindakan pertama yang harus dilakukan jika terjadi kerugian akibat kecelakaan yaitu melapor ke pihak asuransi Malacca dengan jangka waktu maksimal yaitu 5 hari kalender sejak terjadinya kecelakaan.

klaim asuransi

Cara Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Kerugian Total / Hilang (TLO)

Bagaimana cara klaim asuransi mobil, jika mobil Anda hilang atau rusak 75%?

  1. Pertama, Anda (Nasabah / tertanggung) melapor terlebih dahulu ke polisi setempat,untuk mendapatkan Surat Tanda Penerima Laporan (STPL).
  2. Kemudian Anda menghubungi pihak asuransi  melalui Malacca Care Center (MCC) di nomor telepon +6221 25 9898 35.
  3. Malacca Trust akan untuk melakukan survey ke nasabah memverifikasi kebenaran.
  4. Surveyor membuat kesepakatan dengan nasabah dalam hal tempat dan waktu untuk survei mobil.
  5. Setelah bertemu dengan surveyor, nasabah mengisi laporan kerugian dan kelengkapan dokumen lainnya.
  6. Pihak asuransi akan menunggu sampai Polisi selesai melakukan pencarian mobil selama maksimal 60 hari.
  7. Jika hal ini bisa diklaim, memenuhi semua syarat dan tidak melanggar ketentuan, maka dari pihak Malacca Trust akan memproses pembayaran dan membuat surat persetujuan nilai penggantian kerugian.

Dokumen Pendukung Klaim Kerugian Total / Hilang (TLO)

  1. Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian
  2. Dokumen asli:
    1. Polis, sertifikat, lampiran/ endosemen.
    2. STNK, BPKB, Faktur pembelian, blanko kwitansi dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditanda-tangani tertanggung.
    3. Surat keterangan polisi daerah, dalam hal kehilangan keseluruhan.
    4. Bukti pemblokiran STNK dalam hal kehilangan keseluruhan.
  3. Fotocopy
    1. SIM milik pengemudi pada saat kejadian.
    2. KTP tertanggung.

Cara Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Kerugian Sebagian (Comprehensive)

  1. Pertama, Anda (Nasabah / tertanggung) menghubungi pihak asuransi melalui Malacca Care Center (MCC) di nomor telepon +6221 25 9898 35.
  2. Surveyor membuat kesepakatan dengan nasabah dalam hal tempat dan waktu untuk survei mobil.
  3. Setelah bertemu surveyor, nasabah mengisi laporan kerugian dan kelengkapan dokumen lainnya.
  4. Surveyor menerbitkan Surat Permintaan Estimasi (SPE) untuk mendata kerusakan pada mobil.
  5. Lalu nasabah membawa SPE ke bengkel sebagai pengantar bahwa kendaraan sudah disurvei.
  6. Bengkel melakukan survei ulang, melihat dan memotret kerusakan mobil. Bengkel membuat estimasi lama pengerjaan, estimasi dikirim ke pihak asuransi.
  7. Lalu pihak Malacca Trust menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) ke pihak bengkel.

Dokumen Pendukung Klaim Kerugian Sebagian (Comprehensive)

  1. Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian
  2. Fotocopy:
  • Polis, sertifikat, lampiran.
  • SIM milik pengemudi pada saat kejadian.
  • STNK
  • KTP tertanggung.

Download Formulir Klaim

Kami menyediakan formulir klaim asuransi yang bisa Anda download untuk melengkapi dokumen pendukung klaim, kami lampirkan juga daftar bengkel rekanan nasional dari Malacca Trust.

Formulir Klaim Asuransi Mobil Terbaik

Daftar Bengkel Rekanan MTWI

Daftar Bengkel Authorized MTWI

Cek Status Polis Asuransi Anda disini