What's On
Malacca Trust - 12 Aug 2016

Mengapa Kita Harus Memiliki Asuransi?

Mengapa kita harus memiliki asuransi ?

Pada era global ini begitu banyak tawaran asuransi yang mungkin akan membingungkan kita untuk memilihnya. Mungkin kita akan bertanya-tanya mengapa kita harus mempunyai asuransi? Sebelumnya, alangkah lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian asuransi.

Apa itu asuransi?

Asuransi adalah sebuah proses manajemen keuangan yang ditujukan sebagai persiapan akan sesuatu hal yang mungkin akan terjadi di kemudian hari. Asuransi juga dapat diartikan sebagai upaya memindahkan risiko yang akan dihadapi seseorang di masa mendatang untuk ditanggung oleh pihak asuransi. Harus diakui bahwa jumlah orang yang memiliki asuransi di Indonesia masih sangat rendah. Karena kurangnya kesadaran akan pentingnya berasuransi dan masih sangat sedikit masyarakat yang memiliki program asuransi secara pribadi.

Mengapa kita harus berasuransi?

Kita harus berasumsi dari sekian banyak hal, dikarenakan hidup tidak bisa kita prediksi di kemudian hari. Seperti halnya sakit kritis, kecelakaan, kehilangan, kerusakan, dan lain-lain. Maka kita harus mempersiapkan diri dengan menjaga finansial kita tetap aman ketika risiko itu datang dengan menggunakan jasa asuransi.

Lalu, seberapa penting manfaat memiliki asuransi?

Manfaat asuransi belum bisa benar-benar dirasakan sebelum risiko yang ditanggung menimpa kita. Namun, sebelum risiko itu terjadi kita harus mengantisipasinya sejak dini dengan jasa asuransi. Berikut adalah manfaat penting mengapa kita harus berasuransi.

  • Melindungi Aset Keluarga

Dengan berasuransi dapat melindungi aset keluarga. Aset keluarga yang dimaksud adalah rumah beserta isinya. Rumah juga sangat penting untuk diasuransikan menggunakan asuransi harta benda, karena rumah beserta isinya dapat berpotensi mengalami risiko kebakaran, pencurian, dan lain-lain.

  • Perlindungan Terhadap Kesehatan

Hidup memang tidak bisa kita prediksi. Seperti halnya musibah atau kecelakaan, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana akan terjadi. Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kita keluarkan untuk pengobatan di luar anggaran yang kita buat. Di saat seperti itulah peran asuransi kesehatan dibutuhkan, untuk mengganti segala biaya-biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika hal itu terjadi.

  • Antisipasi Kejadian Tak Terduga

Ketika Anda berkendara, mungkin Anda akan mengalami hal-hal yang tak terduga. Seperti kecelakaan tabrakan, terbentur, terbalik, atau tergelincir yang menyebabkan kendaraan Anda rusak ringan atau parah. Atau hal lain terjadi saat kendaraan Anda terparkir mengalami pencurian. Disaat seperti inilah asuransi mobil dibutuhkan untuk mengkover biaya perbaikan dimana biaya perbaikannya sama atau lebih dari 75% harga kendaraan.

 

Baca Juga: Cari Asuransi Mobil Pribadi? Ketahui 5 Hal Penting Ini!

 

  • Memberikan Keamanan Saat Berpergian

Ketika Anda berpergian, mungkin Anda akan mengalami hal-hal tak terduga lainnya. Seperti keterlambatan bagasi, keterlambatan perjalanan, pembatalan, bahkan hingga kecelakaan diri. Maka asuransi perjalanan akan menjamin tanggungan risiko selama dalam perjalanan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

  • Membantu Pengelolaan Keuangan

Ketika Anda memiliki asuransi, setiap bulannya tentu harus menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar premi sebelum batas waktunya. Hal ini sama saja melatih diri Anda untuk lebih cermat dalam mengatur keuangan sehingga tercukupi semua kebutuhan Anda.

  • Memberikan Ketenangan Dan Kedamaian

Dengan memiliki asuransi, maka Anda tidak perlu resah lagi akan risiko hidup yang akan terjadi nanti. Karena asuransi akan memberikan proteksi dari risiko ketidakpastian dan dipercaya lebih mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi individu pemegangnya.

Jika Anda ingin merasa aman dengan mendapat jaminan untuk kejadian tak terduga yang mungkin terjadi, maka tidak ada salahnya jika Anda memiliki asuransi. Dengan memiliki asuransi berarti kita telah mengatur keuangan untuk masa depan keluarga dan diri Anda dengan baik. Jadi, masih meragukan manfaat asuransi?

 

Sumber Foto : Dream.co.id