What's On
Malacca Trust - 10 Aug 2016

Cara Hindari Kantuk Saat Berkendara

mengatasi kantuk saat berkendara

Rasa kantuk bisa datang kapanpun dan di manapun tidak kenal kondisi, dan hampir setiap orang mengalami hal ini ketika dalam berkendara. Rasa kantuk biasanya datang disebabkan oleh adanya rasa jenuh atau bosan ketika sedang berkendara terutama jika berkendara sendiri. Kantuk disebut-sebut sebagai salah satu faktor kecelakaan lalu lintas yang begitu banyak memakan korban baik kecelakaan tunggal maupun tabrak beruntun. Rasa kantuk memang datang kapan dan di manapun, tapi, Anda bisa saja menghindari rasa kantuk tersebut agar tidak membahayakan Anda. Simak beberapa tips berikut ini:

Pastikan tubuh Anda terasa bugar sebelum berangkat

Tubuh yang bugar adalah faktor utama terjaganya keseimbangan dalam tubuh. Tidak hanya dari dalam tapi juga dari luar, agar tubuh Anda terasa lebih segar lakukan hal seperti mandi atau mencuci muka sebelum berangkat. Selain mandi dan mencuci muka Anda dapat melakukan sedikit peregangan agar melancarkan peredaran darah, dengan begitu Anda akan lebih mudah fokus karena darah mengalir lancar ke otak Anda.

Makan dan minumlah secukupnya sebelum mengemudi

Kebanyakan orang sering kali mengeluh tidak dapat berkonsentrasi dengan baik ketika perutnya dalam keadaan lapar. Namun, tahukah Anda bahwa perut yang kenyang atau terlalu kenyang bisa menyebabkan kantuk karena pada saat perut dalamkeadaan penuh maka tubuh akan bekerja lebih berat untuk mencerna itulah sebabnya tubuh akan merasa mengantuk setelah makan. Untuk itu demi menghidari rasa kantuk datang dan menganggu konsentrasi, makan dan minumlah secukupnya sebelum mengemudi.

 

Baca Juga: Tips Persiapan Perjalanan Jauh

 

Hindari Lamun

Melamun seringkali menyebabkan rasa kantuk datang karena aktivitas melamun kebanyakan tidak melibatkan kerja otak. Melamun yang biasanya menyebabkan kantuk datang ketika berkendara adalah kurangnya konsentrasi atau jenuh. Seringkali kecelakaan terjadi disebabkan pengendara yang melamun karena trek yang terlalu lurus dan mulus sehingga tidak terlalu membutuhkan konentrasi penuh. Biasanya untuk menghindari melamun, Anda bisa mendengarkan musik yang sedikit keras atau genre pop-rock atau rock agar adrenalin Anda terpacu.

Sedia air mineral secukupnya

Seperti yang kita ketahui bahwa Air mineral merupakan air yang mengandung mineral yang memberi nilai-nilai terapi untuk tubuh. Untuk itu air mineral cocok untuk mengatasi rasa kantuk dan mengatasi rasa haus, selain itu Anda dapat menggunakan air mineral ini untuk membasuh muka guna mengurangi rasa kantuk dan lelah. Perlu diingat, taruhlah air mineral ini di tempat yang mudah terjangkau oleh Anda sehingga Anda tidak perlu repot mencari toilet hanya untuk cuci muka.

Sediakan Camilan

Tidak ada salahnya, Anda dapat melakukan aktivitas makan demi mengusir rasa kantuk. Tapi ingat jangan terlalu berlebihan, apabila berlebihan nanti yang ada Anda akan lebih mengantuk. Konsumsilah camilan yang sehat seperti snack, buah, atau biskuit.

Buka kaca jendela

Rasa kantuk memang bisa terjadi karena sirkulasi udara dalam mobil tidak baik atau kondisi dalam kabin yang dingin dan nyaman sehingga membuat tubuh menjadi relax. Untuk itu demi memperbaiki sirkulasi udara di dalam mobil bukalah kaca mobil lalu hirup udara dari luar.

Menepi ke Rest Area

Jika semua aktivitas di atas tidak dapat membuat rasa kantuk Anda berkurang, sebaiknya segeralah menepi untuk beristirahat karena kebanyakan kantuk bisa disebabkan oleh kelelahan baik fisik maupun mental. Anda bisa sekadar mengistirahatkan tubuh Anda atau membeli produk makanan dan minuman peningkatkan stamina.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kantuk adalah salah satu faktor kecelakaan lalu lintas yang begitu banyak memakan korban untuk itu Anda disarankan untuk melakukan aktivitas ke 7 tips diatas dan mengasuransikan diri Anda atau mengasuransikan mobil Anda di Perusahaan Asuransi Terbaik Malacca Trust Insurance.