What's On
Malacca Trust - 15 Jul 2016

Tips Bermain Pokemon Go

Pokemon-go

Permainan Pokemon Go memang belum dirilis secara resmi di Indonesia, namun  tidak menghalangi para pencinta game ini dengan men-download melalui Pokemon Go apk. Apk adalah format file yang digunakan untuk meng-install software pada sistem operasi Android. Ada beberapa tips dan trik bermain Pokemon Go agar Anda tetap aman dalam menjalankannya.

Login menggunakan akun google yang ada di perangkat Android ataupun IOS Anda.

1. Pilih Pokemon Pertama

Setelah login Anda akan disuruh memilih Pokemon pertama dari Profesor Willow. Tidak usah ambil pusing dalam memilih Pokemon pertama, karena Anda masih berpeluang untuk mendapatkan Pokemon terbaik. Pokemon juga nanti akan berevolusi.

2. Selalu Persiapkan Power Bank

Aplikasi Pokemon Go membutuhkan fitur GPS yang selalu aktif, sehingga akan menguras banyak baterai.

3. Matikan Fungsi AR (Augmented Reality) Untuk Menghemat Baterai

Matikan mode AR dengan klik button AR di kanan atas. Begitu di klik, layar berubah tampilan dari kamera menjadi tampilan kartun.

4. Cara Menangkap Pokemon

Warna lingkaran: Warna hijau artinya Pokemon itu mudah ditangkap karena CP-nya tidak terlalu besar. Warna orange, artinya Pokemon ini agak susah ditangkap dan bisa jadi Pokeball Anda dihempas sama Pokemon itu. Dan warna merah yang artinya Pokemon ini paling susah ditangkap, bisa jadi legendary atau Pokemon dengan CP besar.

Ukuran lingkaran: Intinya itu semacam indikator target. Semakin tepat lemparan Anda mengenai Pokemon terutama pas lingkarannya mengecil, kesempatan Anda mendapat Pokemon itu makin besar. Kalo lemparan kalian pas, akan ada tulisan “Nice” atau “Great” dan nantinya Anda akan mendapat bonus 50 XP.

5. Evolusi Eevee Terjadi Secara Random

Jika Anda mendapatkan permen yang cukup banyak dan bisa digunakan untuk evolusi Pokemon sampai Eevee prosesnya akan terjadi secara random, jadi kekuatan tempur yang akan didapatkan secara akhir adalah random bisa jadi lebih baik atau lebih buruk. Eevee dapat berevolusi menjadi Flareon yang bertipe api, Jolteon yang bertipe listrik dan Vaporeon yang bertipe air. Eevee saat berevolusi akan melakukan secara acak untuk menentukan evolusi selanjutnya.
Caranya yaitu dengan mengganti nama Eevee sebelum melakukan evolusi.Untuk berevolusi menjadi Flareon ganti nama dengan Pyro; Untuk berevolusi menjadi Jolteon ganti nama dengan Sparky;Untuk berevolusi menjadi Vaporeon ganti nama dengan Rainer. Dengan cara itu kamu dapat memilih akan menjadi apa Eevee milikmu.

6. Lakukan Transfer Pokemon

Jika Anda ingin mencari sebuah level Pokemon terbaik dan bisa melakukan evolusi dengan cepat. Maka Anda tinggal mentransfer Pokemon yang menurut Anda tidak bagus ke Professor. Karena nanti Anda akan mendapat permen dan beberapa barang yang dibutuhkan untuk evolusi Pokemon.

7. Jangan Tutup Aplikasi Pokemon Go

Jika Anda memiliki kebiasaan menutup aplikasi yang sedang berjalan secara bersamaan, maka kebiasaan ini sebaiknya perlu dikurangi. Karena bisa saja aplikasi Pokemon Go yang sedang berjalan akan tertutup. Jika aplikasi Pokemon Go tertutup dan saat itu Anda sedang melakukan penetasan telur maka penetasan telur tersebut tidak akan efisien. Selain itu notifikasi Pokemon secara berkala tidak akan Anda dapatkan. Sayang sekali bukan jika saat itu Anda sedang berada didaerah Pokemon legendaris tapi Anda tidak tahu?.

8. Pokestops Akan Me-restart Dalam Beberapa Menit

Di peta Anda akan menemukan banyak tempat disekitar yang menjelma menjadi PokeStops (kubus warna biru), dimana Anda bisa mendapatkan reward Pokeball dan barang-barang lainnya secara gratis. Ketika Anda mengunjungi PokeStops, nanti icon PokeStops kubus biru itu akan berubah animasinya sebagai tanda Anda sudah bisa akses dan klaim hadiahnya. Cara klaimnya, tinggal klik dan swipe berulang-ulang di foto tempat itu sampai muncul barang-barang gratisnya. Anda tidak perlu khawatir PokeStops akan expired atau cuma bisa Anda klaim sekali, karena setiap 4 sampai 5 menit sekali PokeStops kan ter-reset dan bisa Anda klaim lagi hadiahnya (farming). Begitupun juga Pokemon-Pokemon yang udah Anda tangkap.

9. Trik: unduh peta Google Maps untuk menghemat baterai!
Salah satu trik untuk mengurangi daya konsumsi baterai game ini adalah dengan memanfaatkan fasilitas peta offline Google Maps. Sama seperti Ingress, Niantic memanfaatkan dukungan API Google Maps sebagai peta dalam permainan Pokémon GO, jadi kamu bisa membantu sistem game ini agar tidak terus-menerus mengolah peta lokasimu dengan cara:
•    Unduh dan buka Google Maps
•    Pergi ke menu pengaturan
•    Pilih fitur Offline Maps dan tentukan lokasi peta yang ingin diunduh
•    Selesai! Dan baterai perangkat kamu bisa lebih hemat

10. Tetap Perhatikan Jalan Yang Dilalui

Saat Anda mengikuti GPS yang tertera di layar untuk mendapatkan Pokemon. Jika Anda tidak memperhatikan jalan yang dilalui, Anda mungkin akan tersandung atau bahkan tersesat. Sebaiknya selain melihat arah dari GPS di dalam aplikasi, Anda juga tetap memperhatikan jalan yang dilalui.

Hal ini juga berlaku bila Anda bermain Pokemon sambil menyetir. Ada kemungkinan seekor Pikachu muncul di dashboard mobilmu. Bila Anda terlalu asyik bermain dan tidak memperhatikan jalan, kemungkinan besar Anda akan mengalami kecelakaan lalu lintas.

Bila Anda ingin bermain game ini, sebaiknya Anda berhenti terlebih dahulu atau meminta teman Anda untuk menggantikanmu menyetir. Selain sebagai hiburan, game ini juga memiliki tujuan bagi para pemainnya agar keluar dari rumah dan menikmati lingkungan, bukan hanya fokus untuk menangkap Pokemon melalui layar.

Untuk menghindari kemungkinan risiko yang akan terjadi akibat dari terlalu asyik bermain Pokemon Go, sebaiknya lindungi diri dan mobil Anda dengan Asuransi Kecelakaan Diri dan Asuransi Mobil, sehingga segala risiko Anda bisa ter-cover.