What's On
Admin - 08 Mar 2016

Tips Aman Hindari Kerusuhan di Jalan

Tips aman hindari kerusuhan di jalan

[TIPS] - Sebentar lagi akan diselenggarakan Pemilu dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur secara serentak di 2017. Jakarta sebagai ibukota pun menjadi pusat sorotan pada event pesta demokrasi rakyat tersebut.

Menu yang mengiringi setiap perhelatan pemilu adalah adanya kegiatan kampanye dari para kandidatnya. Salah satu jenis kampanye yang sering diadakan adalah penggalangan massa. Kondisi ini tidak jarang dapat menjadi pemicu terjadinya potensi kemacetan jalan yang diakibatkan partisipan atau peserta konvoi yang membludak menutup jalan dan menghalangi pengguna jalan lainnya. Dampak buruk lain yang berpotensi terjadi adalah kerusuhan.

Selain dampak buruk kampanye, ada sejumlah kerusuhan yang bisa terjadi di jalanan. Kerusuhan bisa terjadi akibat demo, tawuran pelajar, terorisme, atau bencana alam. Seram!  

Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan merisaukan Anda yang bepergian dengan mobil. Selain keselamatan diri, keselamatan mobil Anda pun terancam. Nah, simak tips aman yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusuhan di jalan.

Asuransi Mobil
Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil Anda, segeralah melindungi kendaraan kesayangan Anda dengan asuransi mobil. Pilihlah asuransi mobil terbaik yang siap melindungi kendaraan Anda terhadap kerusakan akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, bencana alam, pemogokan, kerusuhan, huru-hara, tindakan terorisme, hingga sabotase.

Gunakan Jalan Tol
Sebisa mungkin gunakan jalan tol. Mengapa? Ya, karena kegiatan-kegitan penggalangan massa tersebut biasanya lebih sering diadakan di jalan-jalan raya. Jadi, hindari saja.

Biarkan Rombongan Lewat
Jika tiba-tiba ada rombongan konvoi mendekat dari arah belakang, segeralah kurangi kecepatan dan minggirlah. Biarkan mereka melalui Anda. Jangan justru memanfaatkan kondisi dengan bergabung dengan rombongan, hanya karena agar bisa ikut menerobos rambu lalu-lintas. Tidak!

Hindari Atribut Golongan Tertentu
Demi kenyamanan dan keamanan, hindari saja menggunakan semua atribut golongan tertentu yang terlibat dalam kampanye tersebut. Atribut seperti kaos, topi, syal, stiker, atau bendera kecil, jelas menggambarkan Anda memihak golongan tertentu. Ini akan berisiko saat berpapasan dengan golongan lain.

Cari Tempat Parkir Dalam
Saat akan memarkir mobil Anda, sebaiknya carilah tempat parkir yang berada di pelataran khusus atau di bagian dalam. Sebisa mungkin hindari parkir mobil di pinggir jalan, terlebih ditinggal cukup lama.

Berangkat Lebih Awal
Cobalah untuk berangkat lebih awal dari biasanya, atau dari jam semestinya. Ini penting untuk memberi ruang atau waktu lebih dalam mencari berbagai alternatif jalan. Tentu saja untuk menghindari rute-rute yang dilalui konvoi kampanye atau yang berpotensi terjadi kerusuhan, tanpa khawatir terlambat sampai tujuan.