What's On
Admin - 03 Mar 2016

Traveling dengan Pesawat? Sudah Saatnya Jadi Penumpang yang Smart!

[TIPS] - Anda mungkin berencana ambil cuti untuk liburan ke Bali dalam rangka peringatan Hari Raya Nyepi. Bisa bersama keluarga atau sendiri saja, alias solo-traveling. Wisata religi yang tentu menarik sekali. Tiket pesawat sudah dapat, penginapan sudah fix, barang bawaan pun siap diangkat.

Selain sudah melengkapi diri dengan perlindungan asuransi perjalanan terbaik, Anda juga harus menyiapkan diri untuk menjadi penumpang pesawat yang smart. Mengapa demikian? Tidak ada jaminan orang yang meski sudah berulang-kali naik pesawat, belum tentu bisa menjadi penumpang yang baik. Misalnya saja membuat repot pihak maskapai gara-gara datang terlambat, bahkan hingga melanggar peraturan yang membuat jengkel penumpang lain.

Tentu sangat memalukan jika Anda mengalami hal tersebut. Nah, mari simak tips berikut ini agar menjadi ‘pelopor’ penumpang smart. Jika semua penumpang seperti Anda, niscaya perjalanan selama di pesawat hingga rangkaian liburan Anda akan menyenangkan.
 
Datang Lebih Awal
Anda harus tiba di bandara lebih awal, agar hati dan pikiran tenang. Setelah proses checkin dan boarding pass, Anda bisa mengisi waktu dengan ngopi, ngobrol, membaca buku, atau browsing melalui gadget.

Kenakan Tas Pinggang
Bawalah tas pinggang atau tas kecil silang untuk membawa beragam benda kecil yang penting dan sewaktu-waktu dibutuhkan. Tiket, paspor, uang kecil, bolpen, KTP, kartu asuransi, hingga kunci-kunci, akan sangat praktis dan cepat ditemukan.

Bawa Barang Secukupnya
Demi kenyamanan Anda dan penumpang lainnya, bawalah barang secukupnya saja saat menuju kabin. Masukkan benda-benda berharga seperti laptop, perhiasan, uang ke dalam koper kecil yang nyaman ditenteng atau didorong. Sisanya, titipkan ke bagasi setelah dilengkapi pengamanan yang cukup.   

Matikan Handphone
Saat berada dalam pesawat, terlebih sudah menjelang take off, pastikan Anda hentikan sementara komunikasi melalui ponsel. Tunda dulu hasrat update di social media. Segera matikan, atau setidaknya pilih ke Airplane mode. Ini semua demi keselamatan Anda dan penumpang lainnya.

Bersikap Sopan
Saat mengantre masuk pesawat dan memasukkan barang bawaan ke bagasi kabin, bersikaplah sabar. Jika bagasi di atas Anda ternyata sudah terisi penuh, jangan langsung berteriak memanggil pramugari. Tunggu dia menengok atau mendekat, lalu katakan kondisi tersebut dengan sopan. Anda akan lebih dihormati dan dia akan membantu dengan senang hati.

Jadi Pahlawan?
Cobalah lakukan yang satu ini. Jika kebetulan Anda duduk di antara rombongan keluarga dan ada yang terpisah, segeralah tawarkan untuk bertukar tempat duduk, agar mereka bisa berkumpul. Pengorbanan kecil Anda ini akan sangat berarti di mata mereka. Toh, Anda tidak dirugikan, bukan? Anda sudah jadi pahlawan!

Tunggu Hingga Berhenti
Setelah pesawat landing, tetaplah duduk di kursi Anda. Tunggu lampu tanda sabuk pengaman padam, dan pesawat hingga benar-benar berhenti. Jangan sampai terlihat kampungan gara-gara buru-buru berdiri dan mengambil barang dari bagasi kabin.

Waktu Lokal
Saat tiba di daerah yang berbeda waktunya, segera cocokkan jam tangan Anda dengan waktu lokal. Jangan sampai terjadi miskomunikasi gara-gara perbedaan waktu.