What's On
Aktual.com - 15 Jul 2015

Selain Patuhi Marka Jalan, Pemudik Disarankan Ikut Asuransi

Asuransi Kendaraan

Jakarta, Aktual.com – Mengingat angka kecelakaan pemudik, terutama dari pengendara motor, masih cukup tinggi, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan di jalan.

Pengamat transportasi Rahman Satrijawan mengatakan, selain karena minimnya kepatuhan terhadap marka jalan, tingginya angka kecelakaan terjadi karena tingginya jumlah pemudik tahun ini.

“Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, menyampaikan jumlah pemudik diperkirakan meningkat dua persen dibanding tahun sebelumnya, sehingga menjadi 20 juta pemudik,” ujar dia, dalam keterangan pers yang diterima Aktual.com di Jakarta, Selasa (14/7).

Untuk mengantisipasi kondisi korban pasca kecelakaan, Rahman setuju jika pemudik mengikuti program asuransi kendaraan.

Hanya saja dia berharap, hendaknya perusahaan asuransi komit terhadap perjanjian awal dan tidak mempersulit jika nasabah melakukan klaim asuransi mobil. Sebab diakuinya, banyak masyarakat ragu terhadap asuransi kendaraan karena proses klaimnya yang rumit. “Perusahaan asuransi harus menghilangkan keragu-raguan itu,”ujar dia.

Sementara itu, perusahaan asuransi PT Malacca Trust Wuwungan Insurance mengaku siap menjamin kendaraan bermotor selama musim mudik.

CEO PT Malacca Trust Wuwungan Insurance, Vientje Harijanto, mengatakan jaminan tersebut tidak hanya saat mudik. Namun sepanjang waktu untuk meminimalisasi risiko terhadap kendaraan bermotor yang dimiliki seperti kerusakan atau dicuri.

Didukung 22 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Malacca tidak hanya menjamin mobil baru namun juga mobil bekas.

“Nasabah tinggal memilih produk yang diinginkan, apakah Comprehensive atau Total Loss Only,” kata Vientje berpromosi.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, Malacca memanfaatkan aplikasi berbasis Android dan IOS pada smartphone dan tablet. Melalui aplikasi yang diberi nama Malacca EZ tersebut, nasabah bisa melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan asuransi kendaraan bermotor dengan sangat mudah.

“Termasuk melakukan klaim ketika kendaraan hilang karena pencurian atau rusak akibat kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.