What's On
Malacca Trust - 16 Feb 2017

7 Tips Jitu Membeli Asuransi Perjalanan Terbaik

tips membeli asuransi perjalanan terbaik

Apakah Anda seorang traveller? Atau sering menghabiskan waktu berpindah-pindah tempat untuk urusan bisnis? Pastinya dengan kegiatan seperti ini sangat berisiko tinggi terjadi kecelakaan, bukan? Belum lagi bagasi yang hilang saat berpergian ke luar negeri, atau tiba-tiba Anda sakit saat di perjalanan.

Lalu bagaimana cara Anda melindungi diri dan keluarga serta barang bawaan saat berpergian? Jangan sampai perjalanan Anda terganggu karena kurangnya persiapan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda dapat melindungi finansial secara kompleks ketika berpergian dengan menggunakan asuransi perjalanan.

Kenapa Harus Memiliki Asuransi Perjalanan?

Asuransi perjalanan adalah salah satu hal yang paling penting ketika Anda melakukan travelling. Mengapa? Karena jasa perlindungan perjalanan akan memberikan Anda jaminan medis ketika Anda sakit atau terluka, mengganti rugi saat penerbangan dibatalkan, bagasi rusak atau hilang, bahkan pihak asuransi akan mengganti kerugian finansial hingga kematian sekalipun.

Bagaimana Cara Mendapatkan Polis Asuransi Perjalanan Terbaik?

Sebelum Anda membeli asuransi perjalanan, pengetahuan tentang produk ini mutlak diperlukan. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat merasakan manfaat dari jasa perlindungan ini.

1. Paham Besarnya Perlindungan yang Dijamin oleh Asuransi Perjalanan

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah besarnya perlindungan yang di-cover. Anda harus meneliti secara detil apa saja yang ditanggung. Jangan sampai membeli polis asuransi dengan jaminan yang sama dengan asuransi yang sudah dimiliki.

Misalnya, Anda cukup membeli asuransi perjalanan yang menanggung kehilangan barang karena sudah memiliki asuransi jiwa sebelumnya daripada membeli 2 produk dengan perlindungan yang sama.

Anda juga perlu mempertimbangkan berapa jumlah anggota keluarga yang bepergian bersama Anda sehingga dapat memutuskan berapa biaya premi yang harus dibayarkan kepada pihak asuransi agar semuanya terjamin.

2. Luas Perlindungan

Biasanya, wisata dengan risiko tinggi tidak bisa diproteksi oleh produk asuransi ini. Seperti halnya pada asuransi perjalanan Malacca Trust yang tidak meng-cover perjalanan ke negara yang berisiko perang atau konflik. Tak hanya itu, jasa perlindungan ini juga tidak menanggung kegiatan yang ekstrem, seperti menyelam, ski atau mendaki gunung.

Untuk aktivitas ekstrem biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan di luar biaya premi asuransi perjalanan pada umumnya.

3. Berapa Lama Anda Pergi

waktu travelling

Poin yang satu ini dapat mempengaruhi masa berlaku perlindungan perjalanan Anda. Jadi, Anda harus menentukan dengan pasti berapa lama waktu berpergian. Perlindungan ini mulai berlaku ketika Anda memulai perjalanan atau pada tanggal yang tertulis dalam polis asuransi tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai perjalanan sesuai dengan tanggal tersebut dan jangan terlambat atau pun terlalu awal.

4. Seberapa Sering Melakukan Perjalanan

Jika dalam satu tahun Anda lebih sering berpergian, maka lebih baik menggunakan produk asuransi perjalanan tahunan. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan, karena tidak harus berkali-kali membeli jasa perlindungan perjalanan tiap kali Anda berpergian.

Keuntungan lainnya, Anda dapat menghemat budget yang sudah ditentukan karena harga premi yang dibayarkan lebih ekonomis dibanding membeli satu per satu untuk setiap perjalanan.

5. Perhatikan Kondisi Kesehatan

kondisi kesehatan

Pada umumnya, perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan tertanggung yang telah ada sebelumnya. Apabila Anda mempunyai riwayat penyakit, sebaiknya memberi tahu pihak asuransi. Karena jika tidak, saat Anda mengajukan klaim, mungkin saja klaim Anda ditolak.

Untuk menghindari hal ini, maka sangat dianjurkan untuk memberi tahu semua rincian kesehatan agar pihak asuransi juga dapat meng-cover risiko tersebut.

6. Cari Perbandingan Asuransi Perjalanan

Untuk mencari jasa asuransi perjalanan terbaik, Anda perlu membandingkan produk ini dari beberapa perusahaan asuransi di Indonesia. Dengan melakukan perbandingan, Anda mungkin akan mendapatkan penawaran fasilitas yang lebih baik dan harga premi yang lebih terjangkau.

7. Pahami Isi dan Penjelasan Polis Asuransi

Ini yang paling penting! Anda harus memperhatikan dan membaca isi serta penjelasan polis asuransi dengan baik, cermat, dan teliti. Jangan sampai Anda merasa dirugikan karena ternyata ada poin-poin atau penjelasan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksanya dengan seksama.

Dengan menggunakan jasa asuransi perjalanan, Anda tidak perlu khawatir lagi sewaktu-waktu mengalami hal yang tidak diinginkan selama perjalanan dalam negeri atau pun luar negeri. Jadi, manfaat mana lagi yang Anda ragukan? Ayo bijak berasuransi!