What's On
Malacca Trust - 10 Feb 2017

8 Tips Menghemat Premi Asuransi Mobil Terbaik

polis asuransi mobil

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi asuransi mobil Anda yang bahkan tidak bisa dikontrol dengan mudah sekalipun, seperti usia Anda, tahun pengalaman mengemudi, pekerjaan, dan wilayah tempat tinggal. Namun, jika Anda benar-benar serius untuk berasuransi mobil, beberapa hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi biaya premi Anda.

1. Pilih Mobil Anda dengan Hati-hati

Semakin mahal kendaraan, semakin tinggi pula preminya. Jenis kendaraan yang Anda kendarai juga dapat membuat perbedaan besar untuk biaya premi asuransi mobil. Tidak hanya dilihat dari seberapa besar risiko mahalnya kendaraan tersebut saat diperbaiki, namun juga dilihat dari model kendaraan yang dianggap berisiko tinggi terhadap kerusakan.

Pihak asuransi sendiri memiliki pengkategorian model kendaraan berdasarkan risikonya.

Model mobil sport dengan mesin yang lebih besar tentu memiliki rate premi lebih tinggi, kelompok asuransi lebih mahal. Sedangkan mobil yang lebih kecil dengan fitur keselamatan yang lebih baik, masuk ke dalam kategori asuransi yang lebih terjangkau.

Jika Anda sedang mencari mobil untuk diasuransikan, bisa mempertimbangkan terlebih dahulu untuk membeli satu dalam kelompok asuransi yang terjangkau atau bahkan lebih rendah untuk membantu Anda menghemat.

2. Jaga Kendaraan Tetap Aman

Pihak asuransi akan menawarkan premi yang lebih terjangkau jika Anda melakukan yang terbaik untuk menjaga mobil dari bahaya. Jika memungkinkan, simpan mobil Anda di garasi yang aman daripada di jalanan depan rumah yang mana mudah dijangkau oleh pencuri atau pengacau.

Anda juga dapat mengurangi rate premi asuransi mobil terbaik dengan menambahkan fitur keamanan tambahan, seperti alarm atau tracker.

3. Gunakan Mobil Dengan Bijak

manfaat asuransi mobil

Premi asuransi kendaraan biasanya lebih terjangkau jika Anda berkendara dengan jumlah jarak (mil) lebih sedikit, karena jika lebih sering mengemudi maka semakin besar kemungkinan untuk mengalami kecelakaan.

Kebanyakan orang memperkirakan jarak tempuh mereka ketika mendapat kutipan asuransi kendaraan terbaik, jadi pastikan agar memberikan prediksi akurat. Dan juga, pastikan Anda tidak berbohong tentang jarak tempuh hanya untuk mendapatkan asuransi mobil murah.

Karena, hal ini akan berpengaruh terhadap klaim asuransi kendaraan Anda nanti. Jika mengajukan klaim dan jarak tempuhnya tidak cocok (berbeda), besar kemungkinan klaim asuransi mobil ditolak.

Jika Anda menggunakan kendaraan untuk pergi bekerja, mungkin rate preminya akan lebih tinggi. Hal ini juga tergantung pada pekerjaan, misalnya jika Anda seorang pekerja shift dan harus menyetir pada malam hari, ini lebih mungkin terhadap kecelakaan.

4. Pilihlah Jaminan yang Tepat

perlindungan terhadap banjir

Kebanyakan perusahaan asuransi menawarkan 3 tingkat jaminan: Pihak ketiga, total lost only, dan komprehensif.

Pihak ketiga adalah tingkat minimum jaminan yang ditawarkan. Kebijakan ini hanya berlaku ketika Anda mengalami kecelakaan yang juga mengakibatkan rusaknya kendaraan orang lain, sehingga Anda tidak bisa mengajukan klaim atas kerusakan mobil sendiri.

Asuransi mobil Total Lost Only merupakan jaminan saat mobil Anda mengalami kerusakan hingga 75% atau bahkan hilang.

Sedangkan asuransi mobil komprehensif akan menjamin saat kendaraan Anda mengalami kerusakan dari mulai body lecet hingga bumper yang penyok.

Masing-masing tingkatan asuransi kendaraan terbaik ini memiliki rate premi yang berbeda-beda. Anda juga dapat membeli perlindungan tambahan, seperti bencana alam, pencurian, huru-hara, terorisme, dan lain-lain.

Agar mendapat premi asuransi kendaraan murah dan sesuai dengan kebutuhan, pilihlah jaminan yang tepat dengan situasi Anda.

5. Gunakan Black Box pada Mobil

black box pada mobil

Ini adalah salah satu cara yang baik untuk pengamanan. Anda bisa menyimpan perangkat kecil pada mobil atau men-download aplikasi smartphone yang dapat memonitor pengemudi mobil Anda.

Hal ini mendorong pengemudi agar lebih aman dan juga membuat Anda lebih mudah untuk melacak keberadaan kendaraan ketika dicuri. Pada hal ini, perusahaan asuransi akan memperhatikan kebiasaan mengemudi Anda dan dapat menyesuaikan premi secara teratur berdasarkan kualitas cara mengemudi. Cara ini juga dapat meminimalkan rate premi Anda.

6. Tambahkan Nama Sopir Dalam Polis

Mungkin Anda menganggap diri sendiri sebagai sopir yang aman, tapi pihak asuransi akan menganggap Anda dalam kategori yang berisiko tinggi terhadap kecelakaan jika Anda baru saja lulus uji SIM, berada di bawah usia 25, atau sebelumnya memiliki klaim.

Apabila Anda termasuk dalam kriteria ini, mungkin dapat mengurangi biaya premi dengan menambahkan nama sopir yang bertanggung jawab dan berpengalaman pada polis asuransi, jika mereka cenderung lebih sering menggunakan mobil.

Penambahan nama sopir pada polis ini hanya untuk mendapatkan penawaran yang lebih murah dari pihak asuransi.

7. Lindungi Bonus No-Klaim Anda

Jika tidak pernah mengajukan klaim dalam setiap tahunnya, Anda mungkin akan mendapat bonus no-klaim. Sebuah bonus no-klaim maksimal (5-8 tahun, tergantung pada penyedia) dapat menghemat hingga 80% biaya premi Anda.

Meskipun membutuhkan waktu lama, tapi Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan asuransi mobil yang lebih murah di masa depan dengan melindungi bonus no-klaim. Mungkin saat ini biaya asuransi Anda sedikit meningkat, tapi bisa merasakan penghematan besar dalam jangka panjang.

8. Pilih Asuransi Mobil Terbaik

Salah satu cara terbaik untuk menghemat biaya premi adalah membandingkan asuransi mobil. Banyaknya perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang dapat dijadikan pilihan untuk perlindungan kendaraan Anda. Pilihlah asuransi mobil terbaik dengan biaya premi asuransi murah namun manfaatnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi mobil dari Malacca Trust bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Selain biaya preminya murah, juga perlindungannya maksimal dan kompleks. Proses klaimnya pun sangat mudah dan bisa dilakukan kapan pun & di mana pun melalui aplikasi smartphone MalaccaEZ.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan premi asuransi mobil terbaik yang terjangkau. Meskipun mobil Anda sudah ter-cover dengan asuransi kendaraan, namun tetap saja, Anda adalah orang yang sangat berperan penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan mobil kesayangan Anda.