What's On
Malacca Trust - 20 Jan 2017

Asuransi Perjalanan: Perlukah Memilikinya?

asuransi perjalanan

Wisatawan Indonesia biasanya masih awam dengan asuransi perjalanan. Apakah kita harus membeli asuransi perjalanan setiap kali ingin traveling? Perlu tidaknya kita membeli asuransi perjalanan adalah tergantung dari kebutuhan. Apakah asuransi perjalanan merupakan salah satu syarat untuk bisa masuk ke wilayah eropa?

Kapan orang akan membeli asuransi perjalanan?

Biasanya seseorang membeli asuransi perjalanan saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Ada juga negara yang mewajibkan adanya asuransi perjalan saat mengajukan visa.

Tujuan Asuransi Perjalanan

Tujuan asuransi perjalanan adalah mengalihkan risiko yang terjadi ketika seseorang berpergian kepada pihak lain dengan cara membayar sejumlah dana yang disebut premi asuransi.

Pengertian Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang ditujukan untuk menutupi biaya pengobatan, pembatalan perjalanan, hilang bagasi, kecelakaan penerbangan dan kerugian lainnya yang terjadi saat bepergian, baik secara internasional atau dalam satu negara sendiri.

Asuransi perjalanan berbeda dengan asuransi pesawat terbang. Asuransi pesawat terbang hanya meng-cover dari titik keberangkatan sampai titik kedatangan. Sedangkan asuransi perjalanan meng-cover asuransi selama traveling sedang berlangsung.

Jenis asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan mencakup banyak jenis, yang paling umum adalah internasional. Asuransi ini melindungi Anda dari risiko medis dalam kurun waktu yang ditentukan. Ada pula asuransi tahunan, yang meng-cover perjalanan domestik maupun internasional dengan berbagai keperluan sepanjang tahun.

Cara mendaftar asuransi perjalanan

Kini, Anda tak perlu datang ke kantor asuransi hanya untuk mendaftar asuransi perjalanan online. Beberapa perusahaan sudah melayani pendaftaran asuransi perjalanan via online, salah satunya Perusahaan Asuransi Malacca Trust yang menyediakan aplikasi mobile apps yaitu malacca ez.

Caranya mudah, Anda tinggal mendownload aplikasi tersebut, mengisi data diri, no paspor, negara tujuan dan lamanya perjalanan. Anda bisa memilih asuransi jenis apa yang akan diambil. Pembayaran premi asuransi bisa menggunakan kartu kredit.

Biaya Premi Asuransi Perjalanan

Biaya premi asuransi perjalanan tergantung dari lamanya keberangkatan, tujuan keberangkatan serta  jumlah individu yang diasuransikan. Contoh untuk premi asuransi perjalanan individu ke eropa selama 7 hari biaya yang dikenakan sebesar 20 dollar.

Manfaat Asuransi Perjalanan antara lain menjamin:

1. Penundaan atau Pembatalan Perjalanan

asuransi perjalanan

Di saat kita bepergian ke tempat baru, contoh ke negara Houston, saat itu terjadi Badai Ike pada tahun 2008, kita tidak pernah tau hal apa yang akan terjadi. Badai Ike menyebabkan penerbangan pesawat tertunda, maka Anda harus menambah biaya ekstra untuk penginapan sampai bandara tersebut kembali dibuka.  

2. Kehilangan Koper ataupun Dokumen Perjalanan

Di negara krisis ekonomi seperti eropa, seringkali terjadi pencopetan ataupun kehilangan barang wisatawan. Untuk kasus kehilangan koper ataupun dokumen perjalanan untuk wilayah non Asia, maka perusahaan asuransi akan menggantinya dengan nilai maksimal 1000 dollar.

3. Medis ataupun Evakuasi Medis

Asuransi perjalanan juga dibutuhkan untuk mengcover biaya medis ataupun biaya evakuasi medis. Saat Anda mengalami sakit parah, tentunya Anda ingin segera dibawa pulang ke rumah bukan? Dan biaya evakuasi medis dapat dikenakan charge sebesar 10.000 dollar.

4. Syarat untuk Mendapatkan Visa Schengen.

Asuransi perjalanan merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan visa schengen. Visa schengen dibutuhkan jika Anda ingin bepergian ke wilayah Schengen (Eropa). Negara-negara yang termasuk dalam wilayah schengen adalah Islandia, Hungaria, Latvia, Republik Ceko, Austria, Malta, Polandia, Portugal, Slovenia, Norwegia, Luxembourg, Swiss, Swedia, Prancis, Italia, Belanda, Finlandia, Lichtenstein, Estonia, Jerman, Belgia, Slovakia, Spanyol, Yunani, dan Denmark.

5. Menanggung Risiko Kecelakaan

Ketika Anda sedang dalam perjalanan dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, dan terjadi dalam masa pertanggungan, maka perusahaan asuransi memberikan kompensasi kepada Anda ataupun ahli waris Anda.

6. Pemulangan Jenazah Saat Terjadi Risiko Kematian

Tentu kita semua berharap agar perjalanan kita semua lancar, namun untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga, perusahaan asuransi menjamin dua alternatif perlindungan, yaitu biaya evakuasi dan penguburan di tempat terjadinya kecelakaan, dan biaya untuk mengangkut jenazah ke Indonesia.   

7. Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Misalnya ketika sedang traveling di Eropa Anda sedang menyewa mobil dan secara tidak sengaja menabrak seseorang, maka perusahaan Asuransi akan memberikan kompensasi terhadap pihak ketiga tersebut.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan manfaat asuransi perjalanan. Baca juga asuransi perjalanan untuk persiapan liburan akhir tahun.