What's On
Malacca Trust - 25 Nov 2016

Asuransi Mobil Terbaik: 6 Tips Cerdas Dalam Memilih Asuransi Anda

asuransi mobil

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor kian melonjak setiap tahun, hal ini menjadikan ruas jalan di Indonesia semakin ramai dan seringkali menyebabkan kemacetan. Selain kemacetan, peningkatan jumlah kendaraan bermotor juga menimbulkan permasalahan lain seperti kecelakaan lalu lintas dan juga kriminalitas. Pasalnya, kecelakaan lalu lintas yang terjadi tidak hanya menyebabkan luka-luka ringan tapi juga hilangnya nyawa seseorang yang dapat merugikan semua pihak, baik korban kecelakaan, keluarganya, juga pengguna jalan lainnya.

Dalam beberapa kasus, kecelakaan bisa menyebabkan kerugian finansial yang cukup besar. Sudahkah Anda sadar bahwa kecelakaan memang tidak bisa dihindari? Tapi kerugian yang diakibatkannya bisa diantisipasi dengan cara memindahkannya kepada pihak ketiga, yaitu mendaftarkan kendaraan pada pihak asuransi mobil atau asuransi kendaraan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kesadaran untuk memiliki asuransi mobil itu penting dan kebanyakan orang pun sudah mengetahui hal tersebut. Faktanya, lebih banyak orang yang megabaikan penggunaan asuransi mobil atau asuransi kendaraan, khususnya Indonesia, menurut hasil survei nasional literasi keuangan OJK pada tahun 2013 menunjukkan bahwa 39.8% masyarakat Indonesia sama sekali tidak akrab dengan literasi keuangan untuk produk asuransi jenis apapun, baik itu asuransi mobil terbaik atau asuransi kendaraan lainnya, asuransi kesehatan, dan lainnya.

Pemahaman mengenai asuransi merupakan hal yang cukup penting mengingat asuransi merupakan salah satu cara efektif untuk merencanakan dan mengelola keuangan agar terhindar dari pengeluaran yang besar secara tiba tiba. Asuransi mobil terbaik atau asuransi kendaraan merupakan salah satu jenis perlindungan yang penting dan dibutuhkan oleh pemilik kendaraan roda empat. Pasalnya di era seperti sekarang ini semakin banyak pengguna mobil sehingga terjadi peningkatan volume kendaraan di Indonesia, terutama di Jakarta yang hingga saat ini masih belum didukung dengan kecepatan perluasan jalan.

Berikut statistik yang menunjukkan peningkatan jumlah kendaraan dari tahun ke tahun.

Asuransi Mobil Terbaik

Sumber: Badan Pusat Statistik

Berdasarkan statistik di atas, peningkatan jumlah kendaraan terbanyak adalah sepeda motor yang diiringi dengan peningkatan jumlah mobil. Dengan semakin melonjaknya jumlah kendaraan, semakin banyak tinggi pula risiko terjadinya kecelakaan yang akan dialami oleh sebuah mobil. Hal ini sejalan dengan kebutuhan seseorang untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik.

Penggunaan asuransi mobil bukanlah hal baru, sejak puluhan tahun lalu sudah bermunculan berbagai perusahaan asuransi. Oleh karena itu sebagai konsumen kita harus jeli memilih jenis dan produk asuransi mobil yang cocok dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Apakah Anda sudah memiliki asuransi untuk kendaraan Anda? Jika Anda belum memilikinya, mulailah untuk memilih jenis asuransi kendaraan atau asuransi mobil terbaik yang tepat untuk kebutuhan Anda dan perhatikan pula dari jenis produk asuransi mobil yang Anda pilih, apakah asuransi mobil terbaik ini akan meng-cover semua kebutuhan Anda?

1. Sesuaikan Jenis Asuransi Dengan Kebutuhan Anda

Hal pertama yang harus Anda lihat ketika akan memilih asuransi kendaraan atau asuransi mobil terbaik adalah umur kendaraan itu sendiri, kondisi mesin dan kondisi body mobil. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, Anda dapat dengan mudah memilih jenis asuransi yang akan dipilih.

Ada 2 jenis Asuransi Mobil:

  • Asuransi All Risk atau comprehensive
    Jenis asuransi mobil yang pertama adalah asuransi mobil all risk. Jenis asuransi kendaraan ini bisa disebut juga asuransi comprehensive atau keseluruhan karena jenis asuransi all risk sangatlah tepat dipilih jika mobil Anda baru berumur 0 - 10 tahun, karena pada umur tersebut, kondisi body mobil masih mulus, sehingga memerlukan perlindungan total. Asuransi all risk memiliki berbagai jenis perluasan yang bisa Anda tambahkan seperti kerugian akibat tabrakan ataupun pencurian dan perlindungan dari banjir. Dengan menggunakan produk asuransi all risk, Anda akan mendapatkan mobil pengganti sementara selagi mobil Anda dalam masa perbaikan di bengkel. Selain itu, asuransi all risk pun masih memiliki jenis perlindungan lainnya seperti, tuntutan pihak ketiga, kerusakan akibat benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, hingga kebakaran.
     
  • Asuransi TLO (Total Loss Only)
    Sesuai dengan artinya, Total Loss Only (TLO) adalah asuransi yang "hanya (jika) kehilangan total". Jenis asuransi mobil ini berkaitan dengan perlindungan dan proses klaim asuransi yang hanya dapat diajukan apabila kehilangan total saja, yang dimaksud dengan kehilangan total dalam asuransi TLO ini adalah akibat pencurian atau kerusakan. Di mana biaya perbaikannya sama atau lebih dari 75% atas harga mobil. Asuransi TLO ini sangatlah tepat dipilih jika mobil Anda berumur  10 - 15 tahun, karena pada umur tersebut, kondisi body mobil sudah tidak semulus seperti dulu dan dipastikan tidak akan digunakan lagi. Jika mobil lama (6 - 10 tahun) menggunakan asuransi mobil all risk, akan dikenakan biaya loading rate 5 % per tahun. 

    Asuransi TLO ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu biaya premi asuransi yang lebih murah, dibandingkan dengan asuransi all risk yang memang memiliki biaya premi asuransi yang lebi tinggi. dan Jika dilihat dari sisi perlindungannya asuransi all risk memberikan perlindungan yang lebih comprehensive dibandingkan dengan asuransi TLO.

2. Lakukan Perbandingan Produk dan Perusahaan Asuransi

Membandingkan jenis produk perlindungan kendaraan yang sama di perusahaan asuransi mobil terbaik yang berbeda akan sangat bermanfaat guna mengetahui jenis layanan dan budget perlindungan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Perbandingan dapat dilakukan dengan browsing di website resmi perusahaan masing-masing, selain itu Anda juga bisa mendatangi langsung kantor yang akan memproteksi mobil Anda dan bertanya melalui agen asuransi.

3. Mendengarkan dan Mempertimbangkan Rekomendasi Dealer

 

asuransi mobil terbaik
 

Dalam menentukan asuransi mobil terbaik tentunya perlu juga memperhatikan perusahaan dari asuransi mobil yang akan dipilih. Alangkah baiknya Anda mendengarkan rekomendasi dari pihak dealer kendaraan. Setidaknya Anda akan dipandu dalam memilih perusahaan asuransi serta diberikan rekomendasi perusahaan asuransi apa saja yang menurut mereka cukup bagus dan bisa dipercaya dan Anda pun akan mendapatkan sejumlah informasi penting dari perusahaan yang direkomendasikan oleh pihak dealer tersebut. 

Setelah Anda mendapatkan rekomendasi dari pihak dealer bukan berarti rekomendasi tersebut langsung Anda ambil dan putuskan. Namun, Anda juga perlu dan harus mencari informasi lagi mengenai perusahaan asuransi yang telah direkomendasikan dan juga mencari referensi perusahaan asuransi kembali secara sendiri sebagai pembanding serta cocok atau tidaknya dengan Anda dan juga tepat dengan kendaraan mobil Anda. 

 

Baca Juga: 6 Penyebab Klaim Asuransi Ditolak 

 

4. Sesuaikan Dengan Kemampuan Bayar Premi Asuransi

Semakin banyak perluasan jaminan asuransi mobil terbaik yang diambil memang semakin baik dan membuat perlindungan terhadap mobil Anda semakin aman. Namun banyaknya perluasan membuat harga premi juga semakin meningkat. Sebaiknya sesuaikan produk yang dipilih dengan kemampuan bayar premi asuransi, jangan sampai karena biaya premi asuransi terlalu mahal membuat Anda harus berhutang untuk membayarnya. 

Perlu diperhatikan juga, untuk tidak tergiur oleh biaya premi asuransi murah karena dengan biaya premi asuransi yang murah belum tentu Anda akan mendapatkan jaminan terhadap pelayanan yang baik
dan prima, ada harga ada kualitas. Sebaiknya lakukan juga perbandingan-perbandingan terlebih dahulu pada produk program proteksi dengan perusahaan asuransi lain.

5. Memahami Jenis Polis Asuransi Kendaraan Yang Akan Diberikan

asuransi mobil terbaik

Memahami jenis polis dalam memilih asuransi mobil terbaik merupakan suatu hal penting untuk Anda ketika akan menjadi calon nasabah, sehingga Anda mengerti dan mengetahui poin-poin apa saja yang bakal mengcover kendaraan Anda yang tertera pada polis asuransi kendaraan tersebut.

Memahami polis asuransi mobil terbaik bukanlah pekerjaan mudah karena bahasa yang tertera dalam polis adalah bahasa hukum yang rumit, biasanya ditulis dengan huruf kecil dan kalimat panjang. Namun, untuk lebih memahaminya Anda bisa meminta dummy polis atau copy dari polis asuransi mobil terbaik. Biasanya copy polis berisi polis standar dari masing-masing perusahaan program perlindungan kendaraan, polis ini menjelaskan tentang aturan dan kesepakatan antara nasabah dengan pihak yang menanggung atau perusahaan asuransi.

Berikut ini adalah poin-poin dari polis Asuransi yang harus dipahami lebih dalam:

  • Risiko Yang Dijamin
    Memahami risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan maupun asuransi mobil terbaik adalah hal yang sangat penting. Contoh apakah polis meng-cover banjir atau memberi pinjaman mobil pengganti.
     
  • Risiko Yang Dikecualikan
    Setelah memahami risiko apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi, perlu diperhatikan juga risiko apa saja yang dikecualikan atau risiko yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh pengecualian dari pihak asuransi mobil terbaik yaitu perusahaan tidak menjamin kerugian yang disebabkan apabila kendaraan digunakan untuk menarik kendaraan lain, memberi pelajaran mengemudi, digunakan untuk perlombaan balap mobil, ataupun digunakan untuk tindak kejahatan.
     
  • Prosedur Klaim
    Mintalah pada pihak program perlindungan kendaraan untuk menjelaskan bagaimana tata cara prosedur klaimnya, dokumen atau berkas-berkas apa saja yang diperlukan untuk mengajukan klaim asuransi dan tanyakan juga berapa lama batas waktu untuk pengajuan klaim serta apakah ada denda atau tidak.

    Pilihlah perusahaan yang cepat dalam menangani klaim nasabahnya. cari tahu melalui website resmi perusaahaan tentang seberapa banyak klaim asuransi yang diterima oleh perusahaan tersebut. Jangan hanya memilih perusahaan asuransi mobil terbaik dengan nama besar namun pelayanan dan kinerjanya begitu buruk dan lambat.
     
  • Nama Tertanggung Yang Menjadi Tanggungan Dalam Polis Asuransi Itu
    Dalam asuransi mobil, pihak asuransi hanya akan menjamin kerugian apabila mobil rusak disebabkan oleh nama tertanggung bukan oleh pihak lain.
     
  • Penerima Manfaat Asuransi
    Biasanya penerima manfaat asuransi adalah nama yang tercantum dalam polis. Namun ada beberapa perusahaan asuransi yang membolehkan penerima manfaat asuransi adalah tertanggung dan orang lain.
     
  • Kapan Masa Berlaku Polis Asuransi Tersebut
    Tidak hanya masa berlaku yang harus dicermati, tapi pemegang polis juga harus mencermati kapan berakhirnya polis. perlu diperhatikan tanggal, bulan, dan tahun berakhirnya polis tersebut.
     
  • Jumlah Uang Pertanggung Jawaban
    Perhatikan dengan teliti, berapa besar nilai pertanggungan, adakah pertanggungan untuk Third Party Liability (TPL). Berapa jumlah premi, adakah biaya loading? Biaya premi dan perluasan apa saja yang tercover dalam premi?

6. Gunakan Layanan Dari Perusahaan Asuransi Terbaik

asuransi mobil terbaik
 

Pertimbangkan beberapa hal ini dalam memilih perusahaan asuransi terbaik:

  1. Kredibililtas perusahaan asuransi
    Pastikan produk asuransi mobil terbaik yang dipilih berasal dari perusahaan asuransi dengan kredibilitas baik di mata masyarakat.
     
  2. Penyelesaian keluhan pelanggan
    Cari informasi keluhan di internet dan berbagai forum tentang produk asuransi. Perhatikan bagaimana mereka menyelesaikan masalah nasabah. Semakin banyak masalah yang diselesaikan, semakin baik perusahaan asuransi tersebut.
     
  3. Bengkel rekanan umum dan bengkel authorized
    Perhatikan list bengkel rekanan mereka, apakah terdiri dari bengkel yang dipercaya dan mempermudah Anda dalam melakukan perbaikan, apakah jarak bengkel dekat dengan rumah atau lokasi kerja Anda. Perhatikan rekam jejak bengkel rekanan perusaahaan tersebut, pastikan mereka memiliki kemampuan yang baik dalam memperbaiki kendaaraan Anda.
     
  4. Fitur layanan perusahaan
    Pada saat akan memilih program perlindungan kendaraan atas mobil Anda, alangkah baiknya untuk memperhatikan layanan dari pihak asuransi kendaraan atau asuransi mobil terbaik seperti layanan hotline, mobil derek, mobil pengganti, serta cabang yang tersebar di mana-mana. Mengapa begitu? Apabila Anda sedang berapa diluar kota dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda akan bisa dengan mudah melaporkan masalah tersebut kepada pihak asuransi di mana Anda berada.

    Pastikan juga layanan yang diterima sesuai dengan kesepakatan yang dibuat. Anda juga perlu menanyakan tentang masalah pelayanan asuransi tersebut kepada nasabah lain yang telah bergabung sejak lama.
     
  5. Aplikasi online


    Sumber: Youtube Channel Malacca Trust

    Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki aplikasi pendaftaran dan klaim asuransi kendaraan atau yang lainnya secara online. Karena hal ini sangat memudahkan Anda, misalnya jika mobil Anda tiba-tiba mogok di jalan tol, Anda bisa mengklaim asuransi via aplikasi tersebut langsung dari smartphone Anda.

    Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan aplikasi pengajuan klaim secara online adalah Malacca Trust Insurance. Malacca Trust melalui malacca EZ menyediakan aplikasi manajemen polis dan klaim yang tersedia untuk sistem operasi Android™ di Google Play Store & sistem operasi IOS di Apple Store. Jaminan pada aplikasi malacca EZ:
  • M-com (asuransi mobil comprehensive) dan M-TLO (asuransi TLO).
  • Nilai pertanggungan yang dapat diasuransikan mininimal 150 juta rupiah. 
  • Masa pertanggungan 1 tahun.
  • Berlaku hanya untuk kendaraan pribadi, tidak berlaku untuk kendaraan yang disewakan ataupun angkutan umum.
  • Bebas memilih perlindungan tambahan seperti: banjir dan angin topan, kecelakaan diri dan penumpang, tanggung jawab hukum pihak ketiga, mobil pengganti, dan lain-lain.
  • Fitur - fitur dari malacca EZ:
  1. Laporan Klaim langsung melalui aplikasi.
  2. Pantauan status kendaraan yang sedang diperbaiki.
  3. Find Us : Nasabah dapat mencari Kantor Perwakilan Malacca Trust Insurance terdekat, bengkel terdekat dan nomor darurat lainnya seperti Malacca Care Center, Polisi, Ambulan dan Pemadam Kebakaran.
  4. Reminder atas Perpanjangan Polis Asuransi Kendaraan yang akan Jatuh Tempo di tahun ke-2 dst.
  5. Informasi persentase Rasio Klaim atas polis Asuransi Kendaraan yang dimiliki di Malacca Trust Insurance.
  6. ePromo; Promo menarik yang akan dinikmati oleh Nasabah apabila membeli Asuransi Kendaraan via malacca EZ
  7. Fasilitas Publik, dengan malacca EZ, nasabah dapat mencari lokasi informasi terdekat di sekitarnya seperti: ATM, Bank, Restoran, Rumah Sakit, Kantor Polisi, dan lain-lain.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi malacca EZ sekarang!