What's On
Malacca Trust - 25 Nov 2016

Asuransi Perjalanan untuk Persiapan Liburan Akhir Tahun

Asuransi perjalanan

Akhir tahun semakin dekat, tentunya tidak sedikit orang yang sudah mempersiapkan perjalanan untuk liburan di akhir tahunnya agar aman dan menyenangkan. Mulai dari mencari penginapan, tiket perjalanan, barang yang akan dibawa, mengatur budget pengeluaran, hingga demi semakin terjaminnya keamanan perjalanannya sebagian orang mendaftarkan diri pada asuransi perjalanan sebagai penjamin keamanannya. Selain lebih praktis, pemilihan perusahaan asuransi perjalanan yang tepat sebagai penjamin juga dapat memberikan keuntungan bagi Anda.

Seberapa penting asuransi perjalanan dan perlukah?

Mari kita bercermin dari beberapa kasus yang terjadi di perjalanan, semisal kecelakaan yang terjadi ketika di tengah perjalanan liburan Anda. Kecelakaan dalam perjalanan tidak selalu bersifat ledakan ataupun fisik, kecelakaan yang bersifat non-fisik seperti kehilangan koper Anda dan seisinya saja sudah termasuk kecelakaan.

Bayangkan jika Anda tidak memiliki asuransi perjalanan dan kemudian kecelakaan terjadi, Anda harus membayar biaya pengobatan sendiri dan Anda dengan terpaksa harus membeli perlengkapan atau pakaian di tempat tujuan karena adanya masalah keterlambatan bagasi, padahal sebenarnya Anda sudah mem-budget-kan keuangan Anda, maka seluruh perencanaan perjalanan Anda akan terganggu jika tidak ada program perlindungan perjalanan liburan Anda.

Kecelakaan kerap kali terjadi tanpa diduga seperti menurut informasi data yang disampaikan oleh majalah online www.thetimes.co.uk, selama tahun 2010 hingga 2014 terjadi kecelakaan pesawat dengan jumlah korban yang cenderung naik setiap tahunnya, seperti yang digambarkan pada infografik berikut.

Asuransi Perjalanan - Data korban kecelakaan pesawat

Kecelakaan terjadi tanpa mengenal tempat juga waktu. Berkaca dari semakin tingginya korban akibat kecelakaan dan besarnya kerugian yang ditimbulkan, hal ini semakin menguatkan bahwa memiliki asuransi perjalanan itu sangat penting.

Jadi, masih kurang yakin? Yuk, kenali dulu apa sih asuransi perjalanan itu.

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Asuransi Perjalanan malacca

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa asuransi perjalanan memiliki pengertian layaknya layanan jasa yang fungsinya untuk meminimalisasi adanya kerugian yang terjadi pada Anda, keluarga, ataupun barang-barang bawaan Anda dari kecelakaan yang terjadi di tengah perjalanan liburan Anda. Program perlindungan perjalanan ini adalah salah satu produk asuransi yang melindungi Anda selama dalam perjalanan di dalam negeri ataupun luar negeri.

Asuransi perjalanan ini menjamin segala risiko tidak terduga yang tentunya dapat merugikan Anda selama dalam perjalanan liburan dalam jangka waktu tertentu dengan hanya membayar sejumlah premi yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi yang juga tertera dalam polis asuransi.

Perusahaan asuransi di sini adalah sebagai pihak penjamin yang mana akan menanggung segala risiko yang bisa saja terjadi saat Anda dan orang-orang tercinta Anda sedang menikmati perjalanan liburan akhir tahun.

Perlukah memiliki asuransi perjalanan?

Sekarang ini, hampir setiap orang memilih untuk menjadikan travelling atau berpergian sebagai aktivitas rutin yang dilakukan minimal sekali dalam setahun, namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak traveller yang ragu dan mempertanyakan perlu atau tidaknya memiliki asuransi perjalanan.

Tidak perlu menjadi seseorang yang berprofesi sebagai photographer atau travel blogger untuk mendaftarkan diri pada asuransi perjalanan dengan alasan pekerjaannya selalu berkaitan dengan perjalanan yang jauh. Anda yang memiliki hobi berjalan-jalan ria pun sangat dianjurkan untuk mendaftarkan diri pada program perlindungan perjalanan yang satu ini.

Hal ini sudah di dukung oleh pemerintah. Bahkan saat ini, beberapa pemerintah luar negeri terutama Uni Eropa sangat mewajibkan para wisatawan asing untuk memiliki asuransi perjalanan saat masuk ke negara mereka. Semakin terbukti, bahwa memiliki asuransi perjalanan sebagai perlindungan dari kerugian selama dalam perjalanan liburan.

Pada dasarnya, asuransi perjalanan berguna untuk meng-cover diri Anda jika terjadi kecelakaan ataupun gangguan lainnya selama dalam perjalanan. Itulah mengapa sangat wajar apabila pemerintah luar negeri mewajibkan para wisatawannya untuk memiliki asuransi perjalanan.

Apa saja manfaat yang didapatkan dari asuransi perjalanan?

Umumnya, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari program perlindungan ini, secara spesifik, inilah manfaat-manfaat yang akan Anda dapatkan dari Malacca Trust Insurance:

1. Menanggung Risiko Kecelakaan

Ketika dalam perjalanan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan akibat peristiwa kekerasan yang bersifat di luar (fisik) dan dapat dilihat, dan terjadi dalam masa pertanggungan, maka pihak asuransi akan memberikan kompensasi berupa sejumlah uang kepada ahli waris sesuai dengan nilai pertanggungan.

Kurang paham? Intinya, ketika kecelakaan terjadi selama polis asuransi perjalanan Anda masih berlaku, maka Malacca Trust Insurance sebagai pihak yang memberikan program perlindungan perjalanan kepada Anda akan mengganti kerugian berupa uang kepada Anda atau ahli waris Anda.

2. Penggantian Biaya Pengobatan

Jika Anda sakit selama dalam perjalanan, pihak asuransi akan membayar biaya pengobatan yang diperlukan sebagai akibat langsung dari kecelakaan saja. Biaya yang dibayarkan tersebut sesuai batas maksimum jumlah yang tercantum dalam polis.

Namun hal ini hanya berlaku dalam pengobatan di dalam negeri. Berbeda dengan pengobatan yang terjadi di luar negeri, semua pengobatan harus diresepken oleh dokter agar memperoleh pengembalian pembayaran. Tapi juga tidak semua risiko penyakit ditanggung oleh pihak penjamin dalam pengobatan di luar negeri ini, penyakit yang tidak ditanggung di antaranya tekanan darah tinggi, stroke, kelainan jantung, dan lainnya yang tercantum dalam polis.

3. Pemulangan Jenazah Saat Terjadi Risiko Kematian

Baiklah, poin yang satu ini memang terdengar agak sensitif karena tentu saja setiap perjalanan liburan Anda tentunya ingin berjalan dengan lancar dan menyenangkan hingga kembali ke kota asal hingga akhirnya pengalaman liburan dapat diceritakan kembali, namun antisipasi tentu diperlukan karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa kecelakaan bisa terjadi kapan pun dan di mana pun.

Perlindungan perjalanan ini meng-cover biaya pemulangan jenazah dari luar negeri ke Indonesia, tepatnya rumah Anda, karena khusus untuk poin ke-3 ini hanya berlaku apabila kematian terjadi saat perjalanan luar negeri. Perusahaan asuransi akan menanggung dua alternatif perlindungan, yaitu biaya untuk evakuasi dan penguburan/kremasi di tempat di mana kematian terjadi dan biaya untuk mengangkut jenazah ke Indonesia.

4. Evakuasi Medis

Kapan pun kecelakaan terjadi, perusahaan asuransi haruslah siap dihubungi kapan pun dari luar negeri. Inilah alasannya mengapa Malacca Trust Insurance menyediakan fasilitas perlindungan perjalanan bantuan 24 jam di seluruh dunia agar memudahkan Anda mendapatkan perawatan yang terbaik dan tindakan yang terbaik pula.

5. Kompensasi Kerusakan Bagasi dan Barang Pribadi

Sebelumnya, mari kita bayangkan kondisinya; Anda sudah dengan tenang dalam perjalanan liburan akhir tahun, setibanya di bandara tempat tujuan, ternyata koper Anda rusak atau bahkan sialnya lagi hilang. Maka semua persiapan barang yang sudah Anda bawa juga perhitungan budgeting Anda pun akan kacau balau.

Di sinilah pihak penjamin akan memberikan pelayanannya yang terbaik kepada Anda agar perjalanan tetap berjalan dengan lancar. Malacca Trust Insurance akan menggantikan kerugian atas bagasi Anda yang tentunya sesuai dengan nilai pertanggungan dalam polis.

6. Keterlambatan Bagasi

Masalah yang satu ini cukup sering terjadi, keterlambatan bagasi. Ya, hal ini tentunya akan meresahkan Anda. Pasti yang ada di pikiran Anda “Bagaimana bisa terlambat sampai 12 jam?” kemudian “Lalu sekarang saya harus bagaimana?” atau “Mana bisa menunggu selama 12 jam?”. Tenang, lanjutkanlah perjalanan liburan Anda karena pihak asuransi akan mengurusnya untuk Anda. Tidak perlu khawatir jika tidak ada baju ganti atau barang-barang penting lainnya, karena kerugian ini akan digantikan sesegera mungkin oleh pihak penjamin.

7. Perlindungan Dokumen Perjalanan

Asuransi perjalanan dapat meng-cover hampir seluruh kerugian yang terjadi selama perjalanan di luar negeri, salah satunya perlindungan dokumen perjalanan. Apabila terjadi kehilangan pada dokumen tersebut selama dalam masa pertanggungan, maka pihak asuransi dapat menerbitkan kembali paspor, tiket atau pun dokumen lainnya untuk Anda.

8. Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Ilustrasinya begini, saat sedang liburan Anda menyewa kendaraan, baik mobil atau pun motor untuk mempermudah transportasi Anda. Tapi, secara tidak sengaja Anda menabrak kendaraan lain yang ada di depan Anda. Tentu saja Anda harus mengganti kerugian atas kendaraan yang Anda tabrak.

Cukup sampai di sana, tenanglah dan hubungi pihak penjamin, maka pihak asuransi akan memberi kompensasi atas kerugian Anda untuk tanggung jawab hukum atas kendaraan yang Anda tabrak tersebut (termasuk kematian).

9. Terkait Perjalanan

Saat berpergian menggunakan transportasi umum, salah satu masalah yang biasa terjadi adalah penundaan perjalanan. Jika Anda mengikuti program asuransi perjalanan, semua kerugian akibat penundaan perjalanan akan diganti oleh pihak penanggung. Termasuk juga penggantian uang muka yang hangus mau pun pembatalan perjalanan.

10. Pertanggungan Kerugian Akibat Terorisme dan Bencana Alam

Belakangan ini, seakan tanpa tanda-tanda, bencana alam mau pun terorisme dapat terjadi kapan saja tidak terkira. Bayangkan jika perjalanan liburan Anda terhenti karena kecelakaan akibat bencana alam atau terorisme, tentunya hal ini akan merugikan Anda baik dalam bentuk fisik maupun non-fisik. Dengan asuransi perjalanan, segala bentuk kerugian akan ditanggungkan pada pihak asuransi, sehingga Anda dapat lebih aman dan nyaman saat berpergian.

Masih ragu untuk mendaftarkan diri pada asuransi perjalanan? Apa lagi yang kurang jelas? Cara pendaftaran? Mudah, kok!

Apa saja syarat pendaftaran asuransi perjalanan?

Setelah mengetahui manfaatnya, kini saatnya Anda mengetahui tentang penerapannya yang terkait dengan ketentuan-ketentuan atau syarat-syarat yang diperlukan ketika melakukan pendaftaran.

Berikut ketentuan dan syarat yang diperlukan:

  • Isi formulir pendaftaran dengan jelas dan lengkap
  • Lampirkan fotokopi atau scan KTP Anda
  • Batas usia pendaftaran. Batas minimal dan maksimal usia nasabah asuransi, dengan usia 1 tahun untuk minimal dan 80 tahun untuk maksimal pendaftaran.

Bagaimana prosedur mendaftarkan diri pada asuransi perjalanan di Malacca Trust Insurance?

Untuk pendaftaran diri, kebanyakan perusahaan Asuransi mewajibkan calon nasabahnya untuk bertemu langsung dan berkonsultasi mengenai rencana pembelian asuransi perjalanan, alasan memilih asuransi perjalanan, dan interview lainnya. Namun Malacca Trust Insurance menyediakan aplikasi malaccaEZ untuk mempermudah para calon nasabahnya mengelola polis (asuransi).

Yang perlu Anda lakukan hanya:

  • Download aplikasi malaccaEZ melalui Google Play Store atau App Store
  • Pilih asuransi perjalanan
  • Pilih kembali sesuai kebutuhan. Terdapat dua pilihan, Individu atau keluarga
  • Isilah data pribadi secara jelas, lengkap, dan tentunya valid sesuai dengan yang tertera pada paspor
  • Selesai! Silakan tunggu konfirmasi selanjutnya

Mudah, kan? Lalu kenapa masih ragu? Sudah waktunya menyiapkan liburan akhir tahun yang menyenangkan, aman dan nyaman! Sudah waktunya menjadi traveller cerdas! Dengan segala kemudahan yang ada, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan! Karena Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia Malacca Trust Insurance memberikan kemudahan yang pasti nyata.