What's On
Malacca Trust - 27 Sep 2016

Ingin Kredit Mobil? Pertimbangkan Dulu Hal-hal Ini

Apa yang ada dipikiran Anda ketika mendengar kata "kredit mobil"?

Banyak orang yang memutuskan untuk kredit mobil dengan alasan "Jika tidak kredit rasanya tidak akan terbeli mobil impian", apakah Anda termasuk orang yang berpikiran demikian? Kendaraan yang satu ini memang memiliki sangat banyak keunggulan seperti muat banyak dan tidak kepanasan dan kehujanan.

kredit mobil

Sayangnya, harga mobil yang terlampau tinggi sehingga sulit untuk dijangkau yang menjadikan kredit adalah pilihan yang tepat. Bayangkan saja, untuk harga mobil baru yang termurah saat ini adalah Rp 120 juta dan itu belum termasuk asuransi mobil yang dapat melindungi kendaraan tersebut, hal ini pastinya akan banyak menghabiskan waktu untuk mengumpulkan dana demi membeli mobil termurah dan termasuk asuransinya secara cash dan yang pasti belum sesuai dengan mobil impian Anda.

Meskipun kredit dirasa yang paling tepat, namun sudah yakin kah Anda untuk memilih kredit mobil? Perhatikan 10 hal berikut dari Malacca Trust sebelum kredit.

Ini kebutuhan atau keinginan?
Sebagian orang ketika memiliki keinginan justru malah menjadikannya kebutuhan. Misalnya saja Anda sedang menginginkan handphone model terbaru padahal Anda masih memiliki handphone saat ini, dengan alasan lambat, belum 4G, dan sejuta alasan lainnya menjadikan keinginan Anda untuk memiliki handphone terbaru menjadi sebuah kebutuhan.

Kita semua jelas mengetahui bahwa keinginan dan kebutuhan adalah hal yang berbeda, dan tentunya kebutuhanlah yang paling utama dipenuhi. Jadi apakah ini sebuah kebutuhan atau justru keinginan untuk mengingkatkan gengsi Anda?

Bagaimana kondisi keuangan saat ini?
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Tidak hanya keuangan pribadi tapi juga keuangan keluarga dan kebutuhan mendatang lainnya.

Misalnya Anda adalah seorang karyawan yang tinggal di rumah kontrakan dengan tujuan agar lebih dekat dengan kantor, maka yang harus Anda perhitungkan adalah; berapa penghasilan bulanan Anda, biaya kontrakan perbulan, listrik, dan masih banyak lagi.

Perhitungkan dengan menuliskan perkiraan pengeluaran, perhitungkan total, selanjutnya catat setiap pengeluaran Anda sekecil apapun, dan pengecekan setelah satu bulan, maka Anda dapat menyimpulkan jumlah pengeluaran utama Anda sampai akhirnya Anda bisa mengetahui kemampuan bayar Anda.

 

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas

 

Pilih mobil sesuai kebutuhan atau keinginan?
Tentunya Anda sudah memiliki bayangan mobil apa yang akan Anda beli nantinya. Jenis mobil memang sangat banyak sekarang ini juga spesifikasinya yang hampir sama, tinggal Anda menentukan mobil apa yang akan dibeli.

Jika Anda membutuhkan mobil yang bisa membawa banyak barang atau mengangkut seluruh anggota keluarga Anda, tentu mobil dengan kabin yang luas adalah pilihan yang tepat, tapi jika Anda membutuhkan mobil yang memudahkan perjalanan Anda ke kantor,  mobil dengan fasilitas yang cukup untuk 5 orang sudah cukup untuk Anda.

Jika Anda melihat dari spesifikasi mobil, meskipun sekarang ini model hampir sama namun secara spesifikasi tentu memiliki perbedaan.

Cicil, sih tapi tahu harga mobil keseluruhannya?
Harga mobil biasanya tidak bertahan lama, akan turun 10%-15% harganya setelah keluar dari showroom, namun tidak semua mobil demikian. Ada yang bahkan harga bekasnya malah menjadi lebih tinggi daripada harga belinya. Biasanya pihak bank atau leasing akan mengambil bunga 20% dari harga jual mobil tersebut.

Jadi, Anda bisa memperhitungkan harga jual mobil tersebut ditambah bunga dari pihak bank atau leasing. Anda dapat mengeceknya dengan mudah, terutama di era digital yang segala informasi sangat mudah dijangkau.

Pembayaran uang mukanya, bagaimana?
Tentu kredit mobil tidak hanya tentang pembayaran bulanan yang harus Anda keluarkan tapi juga biaya uang muka (DP). Biasanya, semakin besar DP yang dikeluarkan maka semakin kecil cicilan pembayarannya dan begitu pula sebaliknya.

Jadi ada baiknya Anda memilih DP yang besar tapi tidak merepotkan atau mengganggu pengeluaran bulanan Anda untuk membayar cicilan bulanan.

Kumpulkan setidaknya 1/4 dari total keseluruhan harga mobil yang akan dibeli untuk pembayaran DP mobil impian Anda.

Leasing atau bank?
Saat mengajukan pinjaman, kedua lembaga pembiayaan diatas biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing juga syarat dan ketentuan masing-masing pula. Biasanya, perusahaan leasing memiliki bunga yang lebih tinggi namun prosedur dan persyaratannya lebih mudah sementara bank memiliki bunga yang lebih rendah namun prosedurnya lebih rumit.

Bank juga memiliki pilihan dalam suku bunganya. Ada suku bunga tetap (flat rate) yang angka bunganya tetap dan tidak akan berubah, dan suku bunga mengambang (floatin rate) yang angka bunganya mengikuti suku bunga Bank Indonesia sehingga ketika suku bunga BI turun, maka bunga pinjaman Anda pun akan turun, juga sebaliknya.

Sebaiknya pilih asuransi yang tepat saja!
Meskipun tidak semua lembaga pembiayaan mensyaratkan untuk mengasuransikan mobil, namun akan sangat baik jika Anda memilih untuk mengasuransikan mobil Anda guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama proses kredit berlangsung. Selain itu, ada sangat banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan asuransi mobil.

Terdapat dua jenis pilihan asuransi mobil, yakni Asuransi TLO yang hanya menanggung kehilangan atau kerusakan parah hingga 70% dan All Risk yang mengcover secara keseluruhan. Malacca Trust memberikan semua manfaat asuransi yang Anda butuhkan.

 

Baca juga: Cari asuransi mobil? Ketahui 5 hal penting ini

 

Masa cicilan berapa lama?
Pembayaran cicilan yang kecil setiap bulannya memang sangat menggiurkan, tapi semakin rendah cicilan Anda maka semakin lama masa pembayaran Anda. Pembayaran yang kecil memang tidak terlalu membebani pengeluaran bulanan, namun bayangkan yang akan terjadi kedepannya, ada sangat banyak hal tidak terduga didepan. 

Ada baiknya Anda mulai memperhitungkan kedepannya, misalnya di 4 tahun ke depan Anda akan menikah dan tentu saja memerlukan banyak biaya maka sebaiknya selesaikan masa cicilan sebelum 4 tahun tersebut.

Akan ada banyak pengeluaran tambahan, lho!
Kredit mobil tidak hanya tentang pembayaran cicilan bulanan saja, tentu akan ada banyak pengeluaran bulanan lainnya. Contoh yang paling dasar adalah mobil memerlukan bahan bakar yang sesuai juga perawatan agar selalu nyaman ketika dikendarai, hal ini tentu membutuhkan dana dan menambah perhitungan pengeluaran Anda.

Jadi Anda harus menambahkan sejumlah dana "biaya lain-lain" di catatan pengeluaran bulanan Anda untuk mengantisipasinya.

Yakin dengan mobil akan lebih efektif?
Suasana hiruk-pikuk kota yang hampir selalu macet menjadikan mobil semakin sulit bergerak. Khususnya Jakarta, karena terlalu banyaknya mobil hingga diberlakukan aturan guna mengurangi kemacetan, mulai dari 3-in-1 hingga saat ini aturan ganjil genap pun diberlakukan dengan tujuan mengurangi kemacetan karena jumlah kendaraan yang terlalu banyak.

Jadi? Sudah makin yakin akan kredit mobil atau tidak?