What's On
Malacca Trust - 25 Aug 2016

Siapa Sangka Danau Cantik Ini Ternyata Bekas Tambang

danau tamosu

Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki kekayaan yang melimpah ruah. Tak heran, jika sektor pertambangan menjadi salah satu penyumbang devisa negara yang cukup signifikan. Tetapi, tak jarang juga hasil dari eksploitasi pertambangan menimbulkan “luka” bagi alam kita.

Namun, alam ternyata memiliki cara tersendiri untuk sembuh dari luka tersebut dengan memperlihatkan keindahannya. Seperti yang terjadi pada danau-danau berikut ini, yang terbentuk dari bekas penambangan dan menjadi salah satu objek wisata yang memiliki eksotisme tersendiri.

Lokasinya yang memiliki keunikan tersendiri akhirnya menjadi incaran para wisatawan untuk berkunjung ke sana. Danau mana saja ya? Berikut beberapa danau yang sudah Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia Malacca Trust Ins rangkum dari berbagai sumber.

1. Danau Kaolin

danau kaolin

Danau yang terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan ini merupakan salah satu ikon wisata baru yang ada di Provinsi Bangka Belitung. Siapa sangka, danau nan indah berwarna biru menyala dengan daratan yang putih bersih ini merupakan danau yang terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan. Meskipun terbilang baru, wisata ini sudah banyak menarik pengunjung. Namun sayangnya, wisata ini belum dikelola secara resmi baik oleh pemerintah ataupun perorangan untuk meningkatkan fasilitas wisatanya.

 

Baca Juga: Rencanakan Perjalanan Liburan Lebih Mudah dengan Destinations on Google

 

2. Danau Tamosu Sawahlunto

danau sawahlunto

Danau Tamosu atau sering disebut danau biru Sawahlunto memang belum sepopuler Danau Kandi, danau yang terletak di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto ini sudah menjadi destinasi wisata. Meski belum digarap sebagai objek wisata resmi oleh Pemerintah ataupun warga lokal, danau ini cukup sering dikunjungi oleh para wisatawan. Danau yang berwarna biru berlatar belakang dinding bukit ini terbentuk dari bekas areal galian tambang batubara, hal ini karena danau Tamosu  tepat berada dalam lingkungan proyek tambang batubara.

3. Danau Biru Singkawang

danau singkawang

Salah satu danau favorit warga sekitar kota Singkawang, Kalimantan Barat ini merupakan danau bekas penggalian tambang emas. Tempat yang unik dan indah serta air yang jernih dan biru membuat para wisatawan betah berlama-lama di sana. Para fotografer biasanya menjadikan tempat ini sebagai lokasi utama tempat berfoto. Namun, di danau ini wisatawan tidak diperbolehkan mandi, karena air danau banyak mengandung zat kimia yang berbahaya.

 

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Hongkong Yang Menarik Untuk Dikunjungi

 

4. Danau Seran

danau seran

Danau Seran adalah danau yang mulai menjadi tempat wisata favorit di Banjarbaru. Pemandangan yang indah dengan pepohonan yang hijau di sekeliling danau dan air yang bersih, membuat para wisatawan lebih memilih berenang dibanding hanya duduk-duduk menikmati keindahan. Danau Seran ini terbentuk dari bekas galian tambang intan yang terbengkalai.

5. Danau Quarry Jayamix

danau jayamix

Danau yang terletak di Desa Tegal Lega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor ini merupakan danau baru yang mulai dikenal wisatawan pada akhir tahun 2015 lalu. Danau ini terbentuk dari bekas tambang pasir dan batu oleh perusahaan yang dulunya bernama PT Jaya Readymix (Jayamix). Berbeda dengan danau yang lain, danau ini mempunyai air yang berwarna hijau tosca dan tidak bisa dipakai untuk berenang. Tebing-tebing khas tambang terbentang di sekeliling danau yang menunjukkan dulunya ada aktivitas tambang di sini.

Bagaimana? Anda tertarik berkunjung kesana? Jangan lupa agar tetap berhati-hati selama Anda berkunjung ke danau-danau cantik tersebut. Agar perjalanan Anda aman dan nyaman serta terhindar dari hal yang tidak diharapkan maka segeralah proteksi diri Anda dengan asuransi Perjalanan yang dapat meng-cover segala sesuatu yang tidak diharapkan tersebut.