What's On
Admin - 27 Jun 2016

Tips Persiapkan Mudik Aman

Tips Mudik Aman

Lebaran tidak lama lagi akan segera tiba, banyak orang yang  sudah tidak sabar untuk pulang ke kampung halaman. Mudik lebaran sudah menjadi fenomena unik dan khas di Indonesia. Meski teknologi komunikasi sudah sedemikian maju seperti telepon genggam, media sosial seperti Facebook, Twitter dan aplikasi pesan seperti Whatsapp, Line maupun Skype yang memungkinkan bisa tertap terhubung, namun hal tersebut tetap tidak bisa menggantikan ritual mudik lebaran bagi masyarakat Indonesia.

Sebelum mudik, jangan lupa melakukan berbagai pencegahan untuk menjamin keamanan rumah yang kosongTak jarang kekosongan ini dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan untuk menyasar rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh penghuninya. Selain tindak kejahatan, ancaman lain yang menghantui rumah-rumah kosong adalah kebakaran rumah akibat kebocoran gas atau konsleting listrik. Hal ini lah yang membuat pemudik merasa was-was dan tidak nyaman untuk meninggalkan rumah

Berikut ini beberapa tip untuk menjaga rumah Anda tetap aman.

  1. Pastikan rumah sudah dalam kondisi terkunci. Sebelum meninggalkan rumah periksa kembali semua pintu dan jendela sudah terkunci. Bila perlu pasang kunci tambahan pada bagian yang sering menjadi incaran penjahat seperti pintu bagian belakang dan pintu kamar. Jangan meninggalkan kunci penting seperti kunci motor, mobil dan lemari di rumah. Hindari pula meletakkan kunci cadangan di bawah pot, di bawah keset, di meteran listrik dan di tempat lain yang mudah di jangkau penjahat. Pada pintu depan, hindari penggunaan gembok yang mencolok. Gembok yang terlihat akan menandakan bahwa rumah dalam kondisi kosong.
  2. Simpan barang berharga di tempat aman. Simpan barang-barang berharga seperti perhiasan, uang dan surat-surat penting di tempat paling aman. Bisa juga memanfaatkan layanan penitipan barang/safe deposit box pada pegadaian atau bank terdekat. Untuk kendaraan yang akan ditinggal bisa memanfaatkan layanan penitipan kendaraan yang disediakan oleh kepolisian setempat.
  3. Matikan alat-alat elektronik. Tidak hanya penjahat saja yang mengancam rumah anda, bahaya kebakaran yang diakibatkan arus pendek bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Sebelum anda berangkat, pastikan untuk mencabut semua peralatan elektronik dan regulator gas dari tabungnya untuk menghindari kebakaran di rumah anda.
  4. Gunakan sakelar otomatis atau pengatur waktu.  Pasang lampu otomatis yang dilemgkapi sensor cahaya sehingga dapat menyala sendiri saat malam hari dan pada saat pagi hari akan mati dengan sendirinya. Gunakan pengatur waktu untuk peralatan yang harus dihidupkan diluar waktu itu.
  5. Minta satpam untuk secara rutin melihat keadaan rumah. Mintalah kepada pihak keamanan setempat untuk melihat keadaan rumah Anda secara berkala. Anda juga bisa menitipkan rumah kepada kerabat atau tetangga terdekat dan terpecaya untuk memeriksa kondisi sekitar rumah.Sebelum pergi, jangan lupa berpamitan pada ketua RT/RW atau keamanan yang dipercaya.Berikan nomer telepon Anda kepada mereka dan mintalah bantuan untuk menghubungi jika terjadi bencana seperti banjir atau kebakaran, atau jika ada orang tidak dikenal mendekati rumah anda.
  6. Pasang Kamera pengawas. Memasang kamera pengawas membantu polisi untuk mencari penjahat yang beraksi pada saat rumah yang ditinggalkan.
  7. Jangan lupa untuk membersihkan rumah sebelum bepergian jauh. Buang semua sampah yang ada di rumah, agar tidak ada binatang yang mengerubungi selama rumah ditinggal pergi. Bersihkan dan tutup semua tempat sampah. Cuci semua piring dan baju kotor yang menumpuk untuk menghindari bau-bau tak sedap. Pasang tirai dan jika ingin menghindari debu, furnitur atau perabotan bisa ditutup dengan kain. Selanjutnya, potong rumput di halaman agar tak tumbuh panjang dan membuat rumah seolah tak terurus.
  8. Hindari posting berlebihan di media sosial. Untuk keamanan sementara waktu hindari posting terkait kegiatan mudik lebaran, terutama detail mengenai kapan berangkat, dengan siapa saja, kapan akan pulang. Segala sesuatu yang diposting di media sosial bersifat publik, artinya bisa diakses siapa saja.Bisa jadi ada orang jahat sedang mengintai, mencari target kejahatan dengan mengorek-orek berbagai informasi melalui media sosial.
  9. Lindungi diri anda, kendaraan anda dan Rumah Anda dengan Asuransi. Asuransi perjalanan, asuransi kecelakan diri, asuransi kendaraan dan asuransi properti akan membuat anda lebih nyaman saat melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman. Asuransi Properti akan melindungi rumah anda beserta isinya dari risiko kebakaran, pencurian, dan lain-lain. Asuransi Perjalanan akan melindungi perjalanan anda di dalam negeri maupun luar negeri. Asuransi kendaraan akan melindungi  kendaraan anda terhadap kerusakan akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran.

Mudik Lebaran jadi lebih nyaman bukan? Ingin mulai berasuransi? Hubungi kami, dan Malacca akan siap melayani Anda.