What's On
Admin - 30 Jun 2016

Lindungi Keluarga Anda Dengan Asuransi Kesehatan

Lindungi Keluarga Anda Dengan Asuransi Kesehatan

Biaya kesehatan di Indonesia meningkat 12,5 % setiap tahunnya. Masalah kesehatan dapat terjadi kepada siapa saja dan kapan saja, sementara biaya kesehatan akan terus meningkat setiap saat. Salah satu faktor penyebabnya adalah mahalnya harga obat. Dalam pemberian obat biasanya ada beberapa dokter yang memberikan resep diluar obat generik, serta tidak ada di apotek rumah sakit tersebut, akibatnya pasien harus membayar lebih mahal untuk mendapatkan obat tersebut. 

Belum lagi dengan biaya perawatan di rumah sakit. Ada salah satu pasien penderita sakit tifus yang berobat di salah satu rumah sakit swasta di Bandung. Pasien tersebut melakukan rawat inap di rumah sakit selama 5 hari 4 malam dengan fasilitas kamar kelas 3. Biaya yang dikeluarkan untuk dana rawat inap per hari 175 ribu rupiah, cek hemoglobin 700 ribu rupiah, obat lewat infus dan langsung diminum 800 ribu rupiah, total dana yang dikeluarkan adalah 3,5 juta rupiah. 

Bagaimana cara mengatasi mahalnya biaya di rumah sakit? Ada 2 cara untuk mengatasinya


1. Menyiapkan dana darurat
Dana darurat adalah dana yang dikumpulkan dan bisa diambil kapan saja jika terjadi kondisi darurat. Salah satu dana darurat yang dianjurkan untuk disiapkan adalah dana untuk kebutuhan kesehatan. Menurut salah satu perencana keuangan Prita Ghozie, dana darurat sangat penting untuk kebutuhan mendadak. Dan juga jadi solusi saat sesuatu yang buruk terjadi. Misalnya, ketika pencari nafkah utama keluarga kehilangan pekerjaan. Besarnya dana darurat relatif berbeda-beda bagi setiap orang. Tapi, menurut Prita, bagi yang sudah berkeluarga, idealnya adalah 8 sampai 12 kali lipat dari pengeluaran rutin bulanan. (sumber: femina.co.id, 22 Maret 2015).


2. Memiliki asuransi kesehatan
Dengan mengaktifkan polis asuransi kesehatan Anda dapat memperoleh solusi dalam meminimalkan risiko keuangan yang dapat ditimbulkan oleh biaya pengobatan, dan dapat lebih fokus dalam penyembuhan kesehatan Anda dan keluarga.

keluarga-yang-dilindungi-dengan-asuransi-kesehatan

Berikut ini alasan mengapa asuransi kesehatan dapat melindungi orang yang Anda sayangi:

  • Asuransi kesehatan dapat mengganti kehilangan penghasilan yang disebabkan oleh kematian Anda; maka keluarga Anda dapat melangsungkan kehidupan yang telah Anda bangun bersama.
  • Dengan asuransi kesehatan Anda dan keluarga memiliki kesiapan dana apabila harus berobat di rumah sakit, baik rawat inap harian ataupun rawat inap tradisional.
  • Bahkan asuransi kesehatan juga menjamin biaya pembedahan, keracunan akibat gas, terjangkit virus, terjatuh ke dalam air, tenggelam dan lain-lain.

Dokumen yang dibutuhkan
 
Dengan melakukan pembayaran premi setiap bulannya, biaya kesehatan Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi disaat terjadi risiko.
Kini banyak perusahaan yang bekerja sama dengan beberapa penyedia asuransi di Indonesia. Dalam program tersebut sebuah perusahaan juga akan menanggung premi asuransi kesehatan bagi tiap karyawannya. 

Secara umum dokumen yang diperlukan adalah

  1. Formulir pengajuan asuransi yang telah diisi
  2. Fotocopy/Scan KTP
  3. Akte Kelahiran
  4. Kartu Keluarga
  5. Pembayaran premi pertama


Dengan menggunakan asuransi terbaik di Indonesia Anda dan keluarga akan memperoleh pelayanan yang optimal, salah satunya dengan menggunakan Asuransi Kesehatan Malacca sehingga Anda dapat dengan tenang bekerja dan melindungi keluarga Anda.