What's On
Malacca Trust - 05 Jan 2017

9 Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil

premi asuransi mobil

Apakah Anda baru memiliki asuransi mobil atau sudah memiliki asuransi mobil tapi ingin menghemat pengeluaran, luangkan waktu Anda sejenak untuk memahami tarif premi asuransi mobil agar di tahun berikutnya Anda bisa lebih berhemat.
Dalam menentukan biaya premi asuransi, setiap perusahaan asuransi memiliki faktor berbeda menggunakan data statistik yang tidak diketahui konsumen. Namun ada beberapa faktor yang sering digunakan dan dapat membuat Anda menghemat biaya premi asuransi.

Faktor Utama yang Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil All Risk

1. Skor Kartu Kredit

Di beberapa tempat, perusahaan asuransi akan mengecek skor kartu kredit Anda terlebih dahulu. Mereka ingin mengetahui apakah Anda membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu atau tidak.
Jika Anda memiliki masalah dengan bank mengenai pinjaman uang ataupun tunggakan kartu kredit, Anda akan mendapat premi asuransi dengan harga tinggi, bahkan mungkin permohonan asuransi mobil Anda akan ditolak.

2. History Klaim Asuransi Mobil Anda

Seberapa sering frekuensi klaim asuransi mobil lebih penting daripada catatan mengemudi. Kebanyakan perusahaan asuransi memiliki skema penilaian dan memberikan penghargaan kepada mereka yang tidak memiliki klaim. Perusahaan juga memberikan biaya tambahan atau mengurangi diskon kepada mereka yang sering melakukan klaim asuransi mobil.
Perusahaan asuransi juga akan mengecek seberapa sering Anda melakukan klaim dalam lima tahun terakhir. Catatan negatif dalam klaim maupun sejarah mengemudi akan berdampak pada tingkat premi asuransi mobil yang diberikan. Di sisi lain, menjadi pengemudi dengan catatan baik (tanpa pelanggaran atau kecelakaan) akan membuat Anda mendapatkan potongan harga.

3. Catatan Mengemudi

Bagi Anda yang sudah sering mengendarai mobil, catatan mengemudi juga menjadi pertimbangan perusahaan asuransi dalam menentukan apakah Anda layak menerima asuransi mobil atau tidak. 
Biasanya perusahaan asuransi akan mengecek dari catatan tilang Anda di kepolisian atau di kejaksaan selama tiga tahun terakhir. Catatan mengemudi buruk dikombinasikan dengan skor kartu kredit buruk serta history klaim asuransi mobil buruk merupakan penyebab untuk mendapatkan rate asuransi tinggi.

4. Memilih Produk Asuransi Mobil Secara Continue

Carilah produk asuransi mobil yang tepat, karena jika Anda mempertahankan cakupan asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan, berarti Anda mengeluarkan sebuah pengeluaran yang sia-sia.

5. Lokasi Garasi Mobil

premi asuransi mobil

Jika mobil Anda diparkir di garasi atau di pinggir jalan juga berpengaruh terhadap tingkat premi asuransi mobil yang dibayarkan.
Beberapa wilayah memiliki tingkat kecelakaan dan tingkat pencurian mobil yang tinggi dibanding tempat lain akan berdampak pada meningkatnya premi asuransi yang harus Anda bayar. Contoh seperti di wilayah metropolitan dan daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi juga berpotensi dikenakan biaya asuransi mobil yang tinggi pula.

6. Umur Pengemudi

•    Pengemudi muda

Umur juga berperan dalam menentukan premi asuransi mobil yang harus dibayar. Ini merupakan faktor utama jika seorang pengemudi berada dibawah usia 25 tahun. Semakin muda seorang pengemudi semakin mahal juga rate premi asuransi. Jika pengemudi muda ditetapkan sebagai pengemudi utama, kenaikan premi asuransi bisa sampai 3 kali lipat.
Data menunjukkan bahwa pengemudi berusia muda memiliki tingkat kecelakaan, kerusakan dan cedera lebih tinggi dibanding pengemudi yang lebih tua.

•    Jenis Kelamin

Jenis kelamin memiliki dampak kecil pada rate asuransi mobil kecuali untuk pengemudi muda. Anak laki-laki akan membayar lebih daripada anak perempuan terutama selama masa remaja. Ketika sudah menjadi dewasa, jenis kelamin memiliki sedikit pengaruh terhadap rate asuransi mobil.

7. Lamanya Pengalaman Mengemudi

Lamanya pengalaman mengemudi diantaranya:
1.    Pengemudi muda
2.    Pengemudi yang baru pertama kali mengemudi
3.    Pengemudi internasional yang memasuki sebuah negara

Kebanyakan perusahaan asuransi akan menambahkan biaya tambahan kepada pengemudi tidak berpengalaman. Yaitu pengemudi yang memiliki pengalaman berkendara kurang dari 3 tahun di negara tersebut.

8. Merk, Model dan Tipe Kendaraan

Tahun pembuatan dan model kendaraan juga merupakan salah satu faktor bagi perusahaan asuransi dalam menentukan premi asuransi mobil yang harus dibayarkan. 
Beberapa jenis kendaraan memiliki tingkat keamanan lebih tinggi daripada jenis lainnya. Mobil sport dan mobil mewah lainnya biasanya lebih mahal preminya karena jumlah klaim yang tinggi untuk kendaraan tersebut serta mahalnya suku cadang pengganti. 

Berbagai jenis alat keamanan dalam mobil juga berpengaruh dalam menentukan premi asuransi mobil. Mayoritas perusahaan asuransi kendaraan memberikan potongan harga bagi kendaraan yang dilengkapi fitur antilock brakes, kantong udara, dan alat anti-pencurian lainnya.
•    Data dari setiap pembuatan model kendaraan dikumpulkan dan diurai untuk menentukan mobil mana yang lebih aman, memiliki biaya rendah untuk perbaikan dan memiliki kejadian lebih rendah dalam pencurian mobil.
•    Statistik ini berdampak pada rate asuransi mobil untuk semua jaminan.

9. Jarak Tempuh Per Tahun

Perusahaan asuransi juga mengetahui bahwa mobil yang sering dipakai lebih rentan terkena kecelakaan. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan potongan harga bagi mobil dengan kilometer yang masih rendah. 
Contohnya, diskon bagi mobil yang baru menempuh jarak di bawah 10.000 mil tiap tahun. Bahkan, ada juga perusahaan asuransi memberikan diskon lebih banyak untuk mobil dengan jarak tempuh di bawah 5.000 mil per tahun.

Dengan memahami faktor-faktor yang menentukan tingkat premi asuransi mobil yang harus dibayarkan dapat membantu Anda menghemat uang, baik dalam jangka waktu dekat maupun jangka waktu lama. Kami sarankan Anda untuk melakukan diskusi tiap tahunnya dengan perusahaan asuransi yang Anda gunakan mengenai faktor apa saja yang dapat Anda hemat pengeluarannya.