What's On
Malacca Trust - 01 Nov 2016

Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil

Cara menghilangkan goresan pada mobil

Cara menghilangkan goresan pada mobil - Goresan pada mobil merupakan hal yang sangat mengganggu keindahan dari eksterior mobil kesayangan Anda. Goresan mobil ini biasanya terjadi disebabkan karena sempitnya lahan parkir, mobil terserempet (tersentuh sedikit) oleh kendaraan lain, terkena ranting pohon, terkena lap kasar dan banyak risiko lainnya yang tidak terduga.

Meski dapat diperbaiki, namun cara menghilangkan goresan pada cat mobil dengan mengecat ulang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu banyak orang yang enggan untuk pergi ke bengkel dan lebih memilih menghilangkan goresannya sendiri.

Ada 3 tipe goresan pada mobil:

  1. Goresan ringan, yaitu goresan mobil yang tidak melukai susunan cat.
  2. Goresan sedang, yaitu goresan mobil yang sampai mengenai cat dasar.
  3. Goresan dalam, yaitu goresan mobil yang menembus lapisan cat dasar dan mengenai logam bodi mobil.

Sayangnya hanya goresan ringan yang bisa Anda tangani sendiri tanpa harus melakukan pengecatan ulang, karena pada kasus goresan sedang dan goresan dalam pengecatan ulang adalah satu-satunya solusi yang bisa dilakukan. Namun tentu saja dengan mengecat ulang hanya pada bagian yang tergores tersebut, jika bagian yang tergores adalah pintu mobil maka Anda hanya perlu mengecat pintu mobilnya saja.

Banyak cara menghilangkan baret pada mobil, seperti menggunakan compound, wax, scratch remover, amplas, WD 40, sabun detergen, lotion anti nyamuk, dan spidol penghilang baret. Namun yang paling sering digunakan sebagai penghilang baret atau goresan mobil adalah compound. Compound adalah bahan pembasmi goresan pada cat, cara kerjanya dengan melunturkan cat di sekitar goresan, hingga goresan menjadi hilang tertutup oleh cat disekitarnya. Anda bisa mendapatkan compound mobil di bengkel mobil ataupun toko onderdil.

Cara menghilangkan goresan pada mobil:

  1. Bersihkan permukaan mobil yang tergores dengan menggunakan air untuk menghilangkan debu dan cat dari permukaan lain yang mungkin masih menempel.
  2. Lap permukaan mobil sampai kering menggunakan lap chamois (lap kanebo).
  3. Oleskan salah satu produk penghilang goresan pada cat mobil. Jika Anda menggunakan compound, oleskan compound mobil pada bagian yang terkena goresan serta sekitarnya.
  4. Sesudah diolesi compound, gosok permukaan mobil yang tergores perlahan dan sedikit ditekan dengan menggunakan lap halus kering.
  5. Apabila goresan mobil sudah mulai hilang, berikan cairan pengkilap cat. Kerjakan dengan perlahan menggunakan kain lap halus. Mobil Anda pun bisa mulus kembali.

Compound yang biasa digunakan untuk menghilangkan goresan ringan adalah compound putih. Compound putih memiliki daya kikis kuat. Pemakaian compound putih dalam waktu yang cukup lama tidak berdampak baik untuk mobil Anda. Untuk itu banyak yang merekomendasikan menggunakan compound halus terlebih dahulu, jika pemakaian compound halus tidak cukup efisien, baru menggunakan compound putih.

Baca Juga: Tanda Mobil Perlu Spooring Balancing?

Jika mobil Anda sudah kembali mulus tidak hanya sedap dipandang mata dan menjadi lebih percaya diri, tapi harga jual mobil menjadi lebih tinggi dibanding keadaan semula ketika mobil Anda masih lecet. Untuk terus melindunginya dari berbagai risiko lain, sangat dianjurkan mendaftarkan mobil Anda dengan produk Asuransi Mobil All Risk http://www.mtwi.co.id/id/produk/asuransi-mobil-terbaik agar mobil Anda mendapatkan perlindungan total yang menyeluruh.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi customer service Malacca Trust Insurance.