What's On
Malacca Trust - 08 Sep 2016

Cara Hemat Menjaga Ginjal Tetap Sehat

cara menjaga ginjal tetap sehat

Image Source: linkedin.com

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting pada manusia. Benda yang menyerupai kacang merah ini mempunyai ukuran sebesar kepalan tangan manusia dan letaknya berada di bawah tulangrusuk di kedua sisi tulang belakang. Organ ekskresi dalam vertebrata ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu menyeimbangkan kimia yang ada dalam darah dan tetap menjaga sirkulasidarah agar tetap dalam keadaan bersih dengan cara membuang sisa-sisa metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh.

Organ tubuh yang sehat memang menjadi idaman setiap orang, termasuk alat vital ini (ginjal). Namun sayang, sekarang kebanyakan orang kurang memperhatikannya, seiring dengan aktivitas yang padat dan pola hidup yang tidak sehat akibat dari perkembangan zaman yang menjadikan serba instan. Anda pasti akan menyesal jika organ ini sudah mengalami kerusakan. walau kadar kerusakannya hanya sedikit, hal tersebut akan berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Untuk itulah, kita perlu menjaga kesehatan ginjal sejak dini. Untuk apa menunggu sampai terserang penyakit, kalau ada cara untuk mencegahnya? Dan Selain mencegahnya, orang modern seperti sekarang ini menjaga dan melindungi dirinya dengan asuransi kesehatan.

5 Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

1. Makan Makanan yang Sehat

Asupan yang sehat akan mempengaruhi kinerja organ pada tubuh termasuk ginjal, karena dengan mengonsumsi makanan sehat yang minim dengan kandungan kimia, ginjal akan bekerja lebih ringan untuk menyaring racun dari makanan. Untuk itu sangat dianjurkan  membiasakan diri mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, karena kedua sumber makanan ini sangat banyak mengandung vitamin, mineral dan zat besi yang mampu menjaga kesehatan ginjal serta organ tubuh lainnya. Pastikan buah dan sayur yang akan Anda konsumsi ini bersal dari tanaman yang ditanam secara organik.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai manfaat lainnya, antara lain untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal. Untuk itulah  konsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas per harinya.

 

Baca Juga: Bahaya! Virus Zika Mengancam Indonesia!?

 

3. Berolahraga Secara Rutin

Salah satu kegiatan ini dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan ginjal. Hal ini cukup Anda lakukan dengan berjalan kaki atau berlari setiap paginya. Tidak hanya untuk kesehatan ginjal semata, dengan rajin berolahraga semua fungsi organ tubuh Anda akan berjalan dengan baik.

4. Jaga Tekanan Darah Anda

Tekanan darah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi ginjal. Tekanan darah pula yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyaki ginjal apabila tekanannya terlampau tinggi. Untuk itulah Anda perlu menjaga dan menghindari tekanan darah yang tinggi dengan cara selalu berpikir jernih dan tenang serta tidak mengedepankan emosi.

5. Jauhi Alkohol dan Hindari Rokok

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika rokok dan alkohol merupakan barang terlarang yang sulit untuk dihindari bagi sebagian kaum laki-laki. Kenyataannya, barang ini memberikan efek buruk terhadap kesehatan, antara lain rusaknya paru-paru dan timbulnya penyakit yang mengerikan, yaitu gangguan ginjal. Penyakit ini disebabkan efek asap rokok yang dihisap, sehingga dapat memperlambat aliran darah ke ginjal, yang akhirnya mengganggu kesehatan. Demi menjalani hidup yang sehat, mari kita hindari Alkohol dan Rokok.

Tidak dapat dipungkiri lagi, menyadari betapa pentingnya peran ginjal bagi tubuh, kita patut untuk menjaga dan merawat ginjal sejak dini.

Selain menjaga dan merawat ginjal sejak dini, Anda Sangat dianjur untuk memiliki perlindungan diri terhadap tubuh dengan mengikuti asuransi kesehatan yang akan menjamin kesehatan Anda di masa sekarang dan masa depan. Salah satu produk asuransi kesehatan yang bisa anda andalkan untuk menjaga ginjal Anda adalah Asuransi Kesehatan dari Malacca Trust Insurance yang merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia.